Warta  

Ketua KPU Kota Blitar Nilai Wajar Pemasangan CCTV Untuk Pengamanan Gudang Logistik Pemilu

admin
Ketua Kpu Kota Blitar Nilai Wajar Pemasangan Cctv Untuk Pengamanan Gudang Logistik Pemilu

KOTA BLITAR (MDN) – Polres Blitar Kota memasang kamera CCTV di gudang logistik milik KPU Kota Blitar. Pemasangan kamera CCTV di gudang logistik sebagai bentuk pengamanan terhadap obyek vital menjelang penyelenggaraan Pemilu 2024.

Kapolres Blitar Kota, AKBP Danang Setiyo P.S S.H S.I.K mengatakan ada empat hal yang menjadi sasaran dalam Operasi Mantap Brata Semeru 2023/2024, yaitu pengamanan terhadap orang, benda, kegiatan dan lokasi.

Khusus pengamanan terhadap lokasi, yaitu terhadap sejumlah obyek vital, antara lain kantor KPU Kota Blitar, kantor Bawaslu, kantor Wali Kota, PLN, sentra pelayanan, sentra ekonomi dan termasuk gudang logistik KPU.

Dikatakannya, dalam melakukan pengamanan obyek vital, polisi juga memanfaatkan teknologi berupa CCTV.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua KPU Kota Blitar, Choirul Umam mengatakan tidak mempermasalahkan pemasangan CCTV di gudang logistik.

Hal tersebut merupakan perwujudan dan pelaksanaan kerja sama antara KPU dan Polri sebagaimana MoU yang telah ditandatangani oleh Ketua KPU dengan Kapolri pada 29 Desember 2022 lalu,” kata¬†Umam dalam keterangannya, jum at 10/11/2023

Ia menjelaskan pemasangan CCTV itu sebagai bentuk pengamanan dari kepolisian. Pengamanan aparat kepolisian terhadap KPU meliputi personel, aset dan logistik (produksi, distribusi dan penyimpanan di gudang).

Karena, menurutnya, pemasangan kamera CCTV di gudang logistik sudah menjadi hal wajar. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan dan bukan ‘fakta janggal’.

“Kemarin-kemarin juga sama, gudang logistik juga dipasang CCTV dan terkoneksi. Pada pemilihan 2020 juga begitu,” katanya.

Dikatakannya, di kantor KPU Kota Blitar rencananya juga dipasang kamera CCTV. Namun, pemasangan kamera CCTV berada di luar untuk memantau halaman KPU.

“Di kantor KPU juga akan dipasang CCTV, tapi di halaman, tidak masuk di ruangan, karena (ruangan) itu sudah privat. Kami hanya butuh (kamera CCTV) di halaman,” ujarnya.

Umam menambahkan pemasangan kamera CCTV di kantor KPU maupun di gudang logistik sebagai bentuk antisipasi pengamanan pelaksanaan Pemilu 2024.

Apalagi, kata Umam, lokasi gudang logistik KPU berada di tengah sawah, jauh dari permukiman.

“Kami juga meminta kepada Polres agar ada personel yang membantu menjaga gudang logistik selama 24 jam. Karena, kalau hanya mengandalkan tenaga penjaga gudang kami, itu ada keterbatasan,” ujarnya.

Saat ini, obyek vital yang sudah terpasang kamera CCTV dan terkoneksi dengan Posko Operasi Mantab Brata Polres Blitar Kota, yakni, gudang logistik milik KPU.

Sedangkan untuk obyek vital lain termasuk kantor KPU Kota Blitar masih belum terpasang CCTV.

“Pemasangan CCTV ini sudah melalui koordinasi dengan KPU Kota Blitar dengan mempertimbangkan faktor keamanan,” kata AKBP Danang

AKBP Danang berharap setelah berkoordinasi dengan KPU, pemasangan kamera CCTV yang terhubung dengan Posko Operasi Mantab Brata di mako Polres Blitar Kota dapat memberikan dukungan yang efektif bagi polisi dalam melaksanakan pengamanan obyek vital Pemilu 2024.

“Selain pemasangan CCTV, kami juga melaksanakan kegiatan pengamanan berupa penjagaan 1×24 jam dan patroli secara langsung di kantor KPU, gudang logistik KPU, kantor Bawaslu dan juga obyek vital lainnya terkait Pemilu 2024,” katanya. [Smt/Yud]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *