Warta  

Petugas kpps desa purwokerto dilantik dan Pengambilan Sumpah Janji KPPS

admin
Img 20240126 Wa0002

KEDIRI (MDN) – puluhan anggota KPPS (kelompok penyelenggara pemungutan suara) desa purwokerto kecamatan Ngadiluwih kabupaten Kediri, dilantik hari ini kamis(25/01/2024) pelantikan dilakukan serentak di gedung serbaguna oleh panitia pemungutan suara (PPS) desa purwokerto.

pelantikan dan pengambilan sumpah janji Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dalam rangka persiapan Pemilu tahun 2024,setelah dilantik para anggota KPPS mulai bekerja untuk pemilu 2024 terhitung dari 25 Januari hingga 25 February 2024.

Hadir dalam kegiatan berbagai unsur seperti Kepala desa, sekertaris kecamatan, Ketua PPS, Pengawas TPS dan tentunya KPPS dari masing-masing TPS.

Selain lagu Indonesia Raya, turut dinyanyikan jingle pemilu sebagai bagian dari semangat menyongsong Pemilu 2024. Dilanjut dengan pembacaan ikrar sumpah KPPS, penandatanganan surat keputusan serta pembacaan pakta integritas.

Para anggota KPPS tersebut akan ditugaskan dalam melaksanakan dan penghitungan di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di wilayahnya masing-masing.

Merujuk Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 8 Tahun 2022, anggota KPPS berjumlah tujuh orang, dengan susunan satu ketua merangkap anggota serta enam anggota.

Adapun tugas KPPS dalam melaksanakan pemungutan dan penghitungan suara di TPS di antaranya adalah mewujudkan kedaulatan pemilih, melayani pemilih menggunakan hak pemilih, memberikan akses dan layanan kepada pemilih disabilitas dalam memberikan hak pilihnya

Sebelum menutup kegiatan, diadakan bimbingan teknis (Bimtek) oleh Panitia Pemungutan Suara (PPS) guna memperlancar pelaksanaan tugas KPPS pada Pemilu mendatang.

Menanggapi hal tersebut agus Nur ariful selaku kepala desa purwokerto mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah janji merupakan bentuk persiapan untuk menjaga integritas dan kredibilitas Pemilu.

“Semoga yang sudah dilantik dapat melaksanakan tugas sesuai SOP (standart operating procedur) dan amanah sebagai bagian dari persiapan Pemilu yang baik dan berkualitas,” ucapnya.

Selain itu anggota Polsek Ngadiluwih Polres Kediri,Aipda Andri Prastetyo selaku bhabinkamtibmas di desa purwokerto dalam memastikan kelancaran Pemilu 2024, pihaknya akan memastikan untuk meningkatkan langkah-langkah tegas dan proaktif, seperti patroli, pos pengamanan dan kerjasama dengan berbagai pihak terkait.

“Langkah-langkah ini diharapkan dapat menciptakan situasi yang aman, tertib dan kondusif selama proses Pemilu berlangsung serta mendorong partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak suara mereka,” tutup Andri.[Yud]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *