Warta  

Polda Sumsel Gelar Operasi Keselamatan Musi 2024 Jelang Ramadhan

admin
Polda Sumsel Gelar Operasi Keselamatan Musi 2024 Jelang Ramadhan 1

MUBA, SUMSEL (MDN) – Kepolisian Daerah Sumatera Selatan menggelar Operasi Keselamatan lalulintas Musi 2024,Operasi Keselamatan Musi 2024 akan berlangsung selama 14 hari mendatang yang akan dimulai Senin,04/03 hingga 17/03/2024.

Pada Apel dimulainya Operasi Keselamatan lalulintas Musi 2024 yang sekaligus pencanangan aksi keselamatan jalan[berlalulintas] yang secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia,Kapolda Sumsel Irjen Pol A Racmat Wibowo Senin,04/03/2024 dalam amanatnya yang dibacakan oleh Irwasda Polda Sumsel Kombes Pol Ferri Handoko mengatakan; Pemerintahan Negara di bidang lalu lintas dan angkutan jalan harus mampu mewujudkan serta mampu memelihara Keamanan,Keselamatan,dan Kelancaran serta Ketertiban Berlalulintas ( Kamseltibcar Lantas ).

Polda Sumsel Gelar Operasi Keselamatan Musi 2024 Jelang Ramadhan 2Mampu membangun budaya tertib berlalulintas dan mampu meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

” Tujuan dari keempat fungi maupun tugas tersebut agar Polisi lalu lintas mampu memberikan jaminan keamanan, Keselamatan,Ketertiban dan Kelancaran dalam berlalu lintas dijalan.sehingga, masyarakat dapat terbebas dari ancaman serta gangguan dalam beraktivitas di jalan, sebagai mana yang diamanatkan dalam Undang-undang lalulintas terang Kombes Pol Ferri Handoko.

Menurut Kombes Pol Ferri Handoko tugas tersebut merupakan tugas berat dan kompleks, sehingga diperlukan dukungan dari para pemangku kepentingan di bidang lalulintas lainnya.

” Polri telah menetapkan pelaksanaan Operasi Keselamatan tahun 2024 secara serentak di seluruh Indonesia selama 14 hari terhitung dari tanggal 14 Maret sampai dengan 17 Maret 2024 dengan mengusung tema ” Keselamatan Berlalulintas Yang Pertama Dan Utama “.dan di Polda Sumsel dalam pelaksanaan Operasi tahun ini menggunakan Sandi Operasi Keselamatan Musi 2024,dan Operasi ini butuh dukungan dari semua pihak jelas Ferri Handoko.

Mantan Kepala Biro Operasi Polda Jambi tersebut mengatakan konsep Operasi ini mengedepankan giat Preemtif,Preventif dan Penegakan Hukum.

Polda Sumsel Gelar Operasi Keselamatan Musi 2024 Jelang Ramadhan 3Konsep pelaksanaannya secara Preemtif 40%,Preventif 40% dan penegakkan hukum 20% yakni; Etle Statis atau Etle Mobile.berikut teguran terhadap masyarakat yang melanggar lalu lintas dan cara bertindak kita terjun pada titik lokasi kemacetan, pelanggaran,kecelakaan lalulintas untuk meningkatkan ketertiban masyarakat berlalulintas.

” Operasi ini akan menyasar pada pelanggaran lalu lintas baik R 2 maupun R 4 seperti memakai knalpot tidak sesuai spesifikasi teknis,penggunaan sirene,rotator atau Strobo yang bukan peruntukannya.serta TNKB yang tidak sesuai spesifikasi, penggunaan helm SNI,kendaraan Over dimensi dan Overload ( Odol ) beber Kombes Pol Ferri Handoko.

Sementara di tempat terpisah Direktur Lalulintas Polda Sumsel Kombes Pol M Pratama Adhyasastra mengatakan,pihaknya akan mengedepankan fungsi Pembinaan dan Penyuluhan kepada masyarakat.

” Kami akan kedepankan kegiatan seperti; sosialisasi,penyuluhan melalui pemasangan spanduk,banner,baliho,penyebaran leaflet dan pembagian sticker serta sosialisasi melalui media cetak,elektronik dan medsos, patroli serta penjagaan pada lokasi rawan macet dan rawan kecelakaan maupun yang rawan pelanggaran.disamping itu juga penindakan pelanggaran lalu lintas baik dengan dengan Etle Statis,mobile dan blangko teguran pungkas Direktur Lalulintas Polda Sumsel Kombes Pol M Pratama Adhyasastra. [SRT]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *