Warta  

Tepat 22 Tahun, 22 Maret 2024 Dini Hari Ini, Litting 2002 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Lamongan Giat Silaturahmi

admin
Tepat 22 Tahun, 22 Maret 2024 Dini Hari Ini, Litting 2002 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Lamongan Giat Silaturahmi
Foto Bersama Litting 2002 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Lamongan

LAMONGAN (MDN) – Momentum Ramadan sangat disyukuri oleh litting 2002, dengan melakukan kegiatan positif dengan mengambil tema “Silaturahmi dan Buka Bersama Litting 2002 SH Terate Cabang Lamongan. Kegiatan ini dilaksanakan di Kayu Manis.Lamongan, Jum’at (22/03/2024).

Tepat 22 Tahun, 22 Maret 2024 Dini Hari Ini, Litting 2002 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Lamongan Giat Silaturahmi 3Acara ini dibilang sangat sukses namun sangat khidmad. Dalam acara ini dipimpin langsung oleh Ustadz Firul Jaka yang tak lain juga warga SH Terate alumni ponpes Peterongan Jombang. Dalam Tausiyahnya merangkan, buka bersama persaudaraan setia hati Terate liting 2002 dengan berpuasa kita mempererat persaudaraan.

Dengan kita berpuasa membentuk karakter yang lebih baik dan lebih dekat dengan Allah sesuai dengan firman Allah dlm surat Al-Baqarah ayat 183 yang didalammnya mengandung arti:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.”

ibadah yg bersifat batinnya hubungan antara hamba dan tuhan dan mempererat persaudaraan antar sesama ada hikmah yang dapat kita ambil dari ibadah puas ini.

1. Mencapai Derajat Taqwa
dengan berpuasa bisa meraih ketaatan dan ketakwaan pelakunya, “Puasa memberikan bias yang luar biasa dalam menjaga anggota badan dan kekuatan batin, serta melindunginya dari kontaminasi unsur-unsur luar yang bisa merusak dan menguasai dirinya.”

Tepat 22 Tahun, 22 Maret 2024 Dini Hari Ini, Litting 2002 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Lamongan Giat Silaturahmi 2

2. Mengajarkan Bersyukur
Dengan berpuasa, pelakunya akan belajar untuk mengapresiasi nikmat dari Allah SWT yang terkecil sekalipun. Seperti nikmat ketika memakan hidangan lezat

3. Membersihkan Jiwa (Tazkiyatun Nafs)
Seorang hamba yang menunaikan puasa, berarti ia menaati dan menjauhi apa-apa yang diperintahkan Allah SWT. Selain itu, ia berusaha untuk menyempurnakan penghambaan kepada-Nya dengan berpuasa

4. Menahan Dorongan Hawa Nafsu
Dorongan seksual yang dibisikkan setan merupakan senjata ampuh untuk menjerumuskan manusia. Lantaran hakikat puasa yang sebenarnya tak hanya menahan lapar dahaga, melainkan juga menahan syahwat dan mengharap ridha Allah SWT, maka manusia yang benar melaksanakan demikian mampu membuatnya tercegah dari nafsu yang bergejolak.

5. Menjaga Kesehatan Tubuh
Telah banyak penelitian yang dilakukan oleh para dokter dan ilmuwan, bahwa puasa punya manfaat bagi kesehatan badan.

6. Proses Mendidik Diri
Seseorang dilatih untuk membiasakan diri bersabar, dan merasakan lapar dan dahaga seperti orang fakir miskin sehingga puasa bisa menjadi perisai diri sebagaimana sabda Rasulullah Saw
“Puasa adalah perisai, maka jangan berkata kotor dan berbuat jahil. Jika ada orang yang mengajak bertikai atau mengejek maka ucapkan ‘Aku sedang berpuasa,’ sebanyak dua kali.” (HR Bukhari & Muslim)

7. Menumbuhkan Rasa Kasih Sayang dan Persaudaraan
Dengan tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, seseorang akan merasa dahaga juga kelaparan. Demikian ia dapat merasakan bagaimana kondisi juga penderitaan kaum muslim yang hidupnya kekurangan atau tergolong miskin, yang bahkan mereka tak punya uang untuk membeli hidangan.

Syaikh Ibnul Qayyim menyebutkan, “(Puasa) untuk mengingatkan akan keadaan laparnya orang-orang miskin. Ibn Hammam juga mengatakan, “Sesungguhnya yang berpuaa ketika diuji rasa lapar pada sebagian waktu, dia akan mengingat orang yang lapar sepanjang masanya, maka dengan cepat tergerak hatinya untuk menyayangi mereka.”

Tepat 22 Tahun, 22 Maret 2024 Dini Hari Ini, Litting 2002 Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Lamongan Giat Silaturahmi 4Selanjutnya dirangkai sambutan ketua Persaudaraan Setia Hati Terate Cabang Lamongan Kang Mas Harto Spd.,MM. memberikan wejangan. “Sangat mendukung kegiatan dulur-dulur Letting 2002 yang mana sudah mulai banyak sukses di bidangnya masing-masing karena generasi milenial yakni sampeyan sudah berusia 40 Tahun, saat 2002 silam saudara semuanya kami sahkan di GOR Lamongan tepat 22 tahun ini mari kita renungkan, Alhamdulillah sekarang sampeyan sudah harus bangga bisa melihat adik-adik sampeyan bisa pengesahan di Gedung sendiri yakni Padepokan Persaudaraan Setia Hati Terate ”Sasana Manggala Krida” milik kita bersama, berharap saudara saudari kini lebih bisa membawa diri, menjaga nama baik organisasi. Pada momentum yang baik ini benar dilakukan liting 2002 bisa mengajak istri anak diacara Bukber agar istri anak lebih yakin pada sampeyan, bahwa warga SH Terate bisa memberi suri tauladan yang baik terutama pada keluarga dan semakin ada manfaat untuk kehidupan sosial bermasyarakat imbuhnya.

Saat awak media ini menemui ketua panitia Letting 2002 ”Arif Raharjo.SH. “ mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak terutama kepada Ketua Cabang dan litting atas dukungan penuh dalam suksesnya acara mengingat sangat bisa meluangkan waktu biarpun banyak yang kerja ada yang di Sidoarjo dan Surabaya dapat Hadir.Alhamdulillah,” imbuhnya.

Sekretaris panitia Sugianto.SH menambahkan kegiatan litting 2002 dilaksanakan di setiap Tahun, tak kurang 100 orang yang hadir dalam kegiatan ini plus istri. Hal ini diharapkan dapat menambah spirit positif untuk turut serta memayu Hayuning Bawono disaat ini diusia 22 Tahun lebih dewasa dalam menjalankan kehidupan.

Bendahara panitia litting 2002 Sukamto saat diwawancarai awak media mengatakan, “kegiatan ini cukup tranparan dalam manajemen, hasil dari iuran liting secara pribadi dan kami sangat bangga terhadap SH Terate.” Pungkasnya. [Sga]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *