Warta  

Aliansi Serbusaka Kalsel Peringati Hari Buruh Internasional 1 Mei 2024 bersama Serikat Pekerja Indocement Tarjun dan Serikat Pekerja Refenery PT. Smart Kotabaru.

admin
Para Ketua Federasi Dan Ketua Sp Sb Menyampaikan 8 Tuntutan Buruh Sawit
Para Ketua Federasi dan Ketua SP/SB menyampaikan 8 Tuntutan Buruh Sawit

KOTABARU, KALSEL (MDN) – Sejak Pukul 08.00 Wita, ratusan buruh yang tergabung dalam Aliansi Serbusaka Kalsel dengan menggunakan puluhan bus perusahaan dan truk serta kendaraan pribadi berdatangan dan memadati Lapangan Sebelas Maret Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru untuk memperingati Hari Buruh Internasional tanggal 1 Mei 2024.

Selain buruh dari perkebunan sawit Minamas Grup, Sinarmas Grup dan Eagle High Plantation (EHP) Grup yang tergabung dalam Aliansi Serbusaka Kalsel (FSPM Sinarmas, FSPBUN Rajawali EHP, FSP Minamas ASD, FSP Minamas Plantation AP, FSP SPP-SPSI Kotabaru), hadir juga dari perwakilan serikat buruh refenery dan perwakilan serikat buruh pabrik semen Tarjun untuk bersama melakukan orasi dan tuntutan hak-hak buruh.

Kegiatan Hari Buruh ini selain diisi dengan orasi-oarai para pimpinan serikat buruh dan Buruh Perempuan, juga dimeriahkan dengan hiburan dan ratusan hadiah door price yang merupakan biaya swadaya buruh melalui serikat juga donasi dari para pihak yang peduli pada gerakan perjuangan buruh.

Dalam orasi, para pimpinan federasi serikat buruh menyuarakan masih banyak hak-hak normatif buruh yang masih belum dipenuhi oleh pengusaha sebagai pemberi kerja. Selain hal tersebut, pimpinan serikat buruh juga menyampaikan 8 tuntutan buruh sawit untuk didengarkan para stake holder dalam industri sawit, antara lain penetapan jenis pekerjaan inti dan penunjang, status pekerja tetap, kerja dan upah layak, perlindungan jaminan sosial, pelaksanaan K3 dan pengawasan ketenagakerjaan, perlindungan buruh perempuan dan anak, revisi peraturan yang merugikan buruh dan terapkan peraturan perlindungan buruh sawit.

Mewakili Bupati Kotabaru, Kepala Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Kabupaten Kotabaru menyampaikan sambutan dan arahan kepada buruh agar terus meningkatkan kapasitas diri dan menjadikan serikat sebagai wadah organisasi perjuangan dalam menyampaikan aspirasi yang sesuai dengan koridor regulasi yang berlaku. Lebih lanjut Kadisnakertrans menyampaikan apresiasi kepada Aliansi Serbusaka Kalsel dan serikat buruh lainnya, yang telah berinisiatif melakukan peringatan hari buruh tanpa mengganggu aktifitas masyarakat lainnya.

Kapolres Kotabaru dalam sambutannya yang diwakili oleh Kapolsek Serongga, menyampaikan apresiasi kepada para buruh sawit khususnya yang telah terkoordinir dalam Aliansi Serbusaka, karena selalu berkoordinasi dengan aparat keamanan sehingga pelaksanaan peringatan Hari Buruh Internasional di Kabupaten Kotabaru dapat berjalan dengan tertib dan aman. Apresiasi Kapolres juga terwujud dalam bantuan hadiah door price untuk buruh peserta hari buruh. [Harwanto Harry]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *