Warta  

Padamnya Listrik Di Wilayah Sumbagsel,Jadi Trending Topik Beberapa Media Di Sumsel

admin
Img 20240606 Wa0068

SUMSEL | MDN – Padamnya aliran listrik di wilayah Sumatera Bagian Selatan ( Sumbagsel ) yang berdampak pada pengurangan penyaluran sumber tenaga kelistrikan ke beberapa Propinsi yang ada di Pulau Sumatera menjadi trending topik di beberapa media yang ada di Sumatera Selatan Kamis,06/06/2024.

Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol A Rachmad Wibowo,S.Ik bergerak cepat dengan melakukan Cek langsung dan berkoordinasi dengan GM PLN UID Sumsel terkait,padamnya aliran Listrik di PLN Jakabaring Palembang Sumatera Selatan pada Selasa,04/06/2024.

Akibat padamnya aliran listrik tersebut berdampak pada Propinsi yang ada di Wilayah Sumbagsel diantaranya; Propinsi Lampung,Propinsi Bengkulu,Propinsi Sumatera Selatan,Propinsi Bangka Belitung dan Propinsi Jambi.

Kabid Humas Polda Sumsel Kombes Pol Sunarto melalui Kasubbid PID Polda Sumsel AKBP Suparlan,SH.,M.Si kepada media menjelaskan terkait padamnya listrik di wilayah Sumbagsel karena adanya perawatan jaringan transmisi tegangan tinggi 275 KV.

” Terputusnya aliran listrik pada pukul 11:00 Wib Selasa,04/06/2024 kemarin di wilayah Sumbagsel masih dalam upaya pemulihan oleh pihak PLN,hal ini terjadi saat perawatan jaringan transmisi tegangan tinggi Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi ( SUTET ) 275 KV Lubuk Linggau – Lahat yang dilakukan oleh petugas PLN Unit Pelaksana Transmisi Bengkulu.

Diduga adanya gangguan pada ruas lainnya menyebabkan jalur tersebut terputus total,yang mana merupakan tulang punggung sistem kelistrikan di wilayah Sumbagsel ujar AKBP Suparlan.

Perwira berpangkat melati dua tersebut kepada media menjelaskan,akibat pemutusan jalur listrik tersebut PLTU di wilayah tersebut secara otomatis melakukan proteksi ( menghentikan produksi listrik ).dan saat ini satu ruas jalur Transmisi sudah aktif,dan seluruh PLTU telah memulai proses pemulihan dengan memanaskan air untuk menggerakkan turbin yang memerlukan waktu sekitar 8 jam.

Pusat Pengaturan dan Penyaluran Beban Sumatera (P3BS ) di Propinsi Riau secara bertahap akan mengalirkan aliran listrik untuk menyeimbangkan pasokan dan permintaan,hal ini untuk menghindari lonjakan tegangan listrik yang dapat memicu Proteksi Otomatis.diperkirakan dini hari nanti pasokan aliran listrik di seluruh Sumbagsel akan kembali normal pungkas Kasubbid PID Polda Sumsel AKBP Suparlan,SH.,M.Si.

Di tempat terpisah Manager Komunikasi & TJSL PLN UID S2JB Iwan Arissetyadhi menyampaikan permohonan maafnya kepada seluruh pelanggan PLN di wilayah Sumbagsel atas kondisi ini[padamnya listrik], PLN juga memohon dukungan dari Stakeholder dan masyarakat agar dapat membantu mengatasi gangguan ini secepatnya mungkin.PLN saat ini sedang berupaya atau fokus dalam penormalan pemulihan 100%,mohon doa dan dukungannya agar bisa segera teratasi (tercapai) penstabilan jaringan aliran listrik.
[SRT]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *