E EKONOMI

Perputaran Ekonomi Tinggi, Stand UMKM di Lumajang Mbiyen Bisa Raup Omset Rp2 Juta per Hari

LUMAJANG (MDN) - Omset UMKM di Event Loemadjang Mbiyen selama tiga hari terbilang cukup tinggi. Pasalnya, ada beberapa UMKM yang menjual nasi sampai harus menambah stok untuk memenuhi permintaan pengunjung.

Dalam diskusinya dengan para penjual di Stand Pasar Rakyat pada event Loemadjang Mbiyen, Minggu (25/12/2022), Bupati Lumajang Thoriqul Haq (Cak Thoriq) mengungkapkan, bahwa ada diantara para penjual ada yang sampai memiliki omset hingga Rp2 juta per hari.

“Alhamdulillah omset UMKM pada kegiatan Loemadjang Mbiyen tiga hari ini naik sangat signifikan. Ada yang sampai masak lima kali sehari, ada yang satu hari bisa hasil Rp2 juta,” ungkapnya.

Menurutnya, perputaran ekonomi yang ada di event Loemadjang Mbiyen sangat dirasakan oleh para pelaku UMKM selama event berlangsung.

“Perputaran ekonomi yang ada bisa di kalilipatkan dengan stand dan PKL yang ada selama tiga hari ini,” terang dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Lumajang, Yuli Harismawati mengatakan, bahwa antusiasme masyarakat memang tinggi terhadap kegiatan Loemadjang Mbiyen. Pasalnya, kegiatan tersebut sempat tertunda selama 2 tahun lantaran pandemi COVID-19.

“Antusiasme masyarakat ini datang ke Loemadjang Mbiyen ini cukup tinggi, sejak hari pertama sampai hari ke tiga ini ramai, tidak hanya masyarakat Lumajang tapi juga ada dari kabupaten tetangga,” katanya.

Yuli Haris juga menyebut kegiatan Loemadjang Mbiyen yang berlangsung di PG Jatiroto itu mendapatkan respon positif dari berbagai pihak, utamanya dari manejemen PG Jatiroto dan masyarakat.

Di kesempatan itu, dirinya juga mengucapkan terima kasih atas suksesnya penyelenggaraan Loemadjang Mbiyen jilid 2 tersebut. [Red/Hms]