P PARIWISATA

Wisata Pinggir Sungai Bengawan Solo Pertama di Bojonegoro, Taman Pinggir Nggawan

BOJONEGORO, (mediadestara.com) – Sebuah taman di Pinggir Bengawan atau dalam bahasa jawa disebut Taman Pinggir Nggawan atau TPG di Desa Pilanggede, Kecamatan Balen, Kabupaten Bojonegoro diklaim sebagai tempat wisata pertama di pinggir Sungai Bengawan Solo. Mengambil tema alam, destinasi wisata ini cocok dipilih untuk tempat reakreasi semua kalangan.
 
“Tempatnya di pinggir Nggawan, makanya dinamakan Taman Pinggir Nggawan/ Gawan, sudah itu saja latar belakangnya. Tapi ada juga pengunjung yang sering mengartikan TPG sebagai Taman Pilang Gede gitu. Ya nggak salah juga wong memang nama desanya ini Pilanggede,“ kata Moh. Sofyan, salah satu pengelola TPG kepada media, Sabtu (20/11/2021).
 
Berneka tanaman dan bunga cantik dengan desain persegi, segitiga bahkan bentuk hati semakin memperindah panorama tempat wisata ini. Dengan naik speed boat, wisatawan dapat menyaksikan pemandangan Sungai Bengawan Solo secara langsung dan merasakan sensasi melintasinya.
 
Destinasi wisata yang diresmikan pada 10 November 2019 pada saat itu bersamaan dengan berlangsungnya festival Bengawan Solo ini, dikelola BUMDES. Wisata ini semakin eksis sejak foto-fotonya beredar di media sosial. Sangat instagrammable dengan beberapa spot foto yang unik dan menjadi daya tarik pengunjung.
 
Dalam taman wisata TPG juga terdapat wahana Motor Trail dan ATV yang dapat dimainkan di Taman Pinggir Nggawan. Beberapa fasilitas lain juga disediakan seperti tempat parkir gratis, toilet, mushola, gazebo, dan kantin. Fasilitas itu dibuat untuk pengunjung agar dapat menikmati waktu liburannya dengan tenang dan nyaman.
 
Wahana Speed Boat yang tersedia di TPG

Wisata Taman Pinggir Nggawan ini dapat dikunjungi setiap hari pada jam operasional mulai pukul 08.00 – 17.00 WIB. Dengan harga tiket masuk terbilang sangat murah yaitu Rp5000/ orang, sewa Motor Trail Rp10.000, ATV Rp15.000 dan Speed Boat Rp30.000/ 3-4 orang. Bagi anda yang tertarik berlibur di sana, bisa datang langsung ke Desa Pilang Gede, Kec. Balen, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur. [nrtm].