P PARIWISATA

Tarik Wisatawan Masa Depan Dengan Festival Sumber Banteng

KEDIRI KOTA (MDN) - Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri bersama Kecamatan Pesantren dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) menggelar festival bertajuk Sedekah Bumi, Kirab, Dan Pagelaran Budaya di objek wisata Sumber Banteng Kelurahan Tempurejo, Kecamatan Pesantren, kota Kediri, Minggu (27/11).
 
Pada pagelaran yang berlangsung meriah tersebut bertujuan untuk menarik wisatawan ke Kota Kediri khususnya di Sumber Banteng di masa depan.
 
Diawali dengan kirab yang membawa Gunungan yang dibuat dari berbagai makanan hasil bumi, setelah itu Gunungan tersebut di larungkan di area Sumber Banteng. Masyarakat yang menyaksikan, langsung berebut untuk mendapatkan bagian dari gunungan tersebut yang menjadi salah satu daya tarik dari kegiatan tersebut.
 
Camat Pesantren, Widiantoro mengatakan, bahwa Festival Sumber Banteng tersebut sudah menjadi festival tahunan yang bertujuan untuk menarik wisatawan agar mau berkunjung di Kota Kediri. Mengingat Kota Kediri di masa depan akan banyak didatangi oleh para pendatang efek dari dibangunnya Bandara dan Jalan Tol.
 
“Kota Kediri kedepan diprediksi akan banyak para pendatang, untuk itu kita harus menangkap peluang agar menarik wisatawan agar mau berkunjung ke Kota Kediri khususnya Sumber Banteng ini,” ungkap Widiantoro, Minggu (27/11).
 
Selain sebagai simbol rasa syukur, acara digelar diatas air Sumber Banteng ini juga untuk melestarikan budaya lokal yang saat ini mulai terkikis oleh zaman. Menurutnya masyarakat harus ikut menjaga kelestarian seni budaya lokal karena hal tersebut juga menjadi daya tarik wisatawan untuk mau berkunjung ke Kota Kediri.
 

“Pagelaran yang ditampilkan disini menunjukkan jika kita memiliki banyak sekali seni budaya lokal yang bisa menarik wisatawan berkunjung ke Kota Kediri. Hal ini bisa berdampak meningkatkannya perekonomian masyarakat di Kota Kediri kedepan,” ucap Widiantoro.
 
Lebih lanjut ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut membantu terselenggaranya Festival Sumber Banteng. Terlebih kepada Komunitas Sumber Banteng dan masyarakat sekitar yang dengan sukarela secara mandiri ikut menyukseskan acara tersebut.
 
“Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi atas upaya Kelurahan Tempurejo, Pokdarwis Sumber Banteng dan masyarakat berkah dalam mengelola kampung keren ini. Semoga sinergi kita tetap terjalin dengan baik dan bisa mengadakan kegiatan seperti ini lebih meriah lagi di tahun depan,” pungkasnya.
 
Sementara itu, Eko Lukmono, Kasatpol PP Kota Kediri yang kebetulan berkesempatan hadir dalam acara tersebut sangat mengapresiasi masyarakat Kelurahan Tempurejo yang mampu memanfaatkan potensi wisata di wilayah Sumber Banteng. Eko Lukmono yang juga menjadi penggagas kegiatan tersebut saat dirinya menjabat menjadi Camat Pesantren ini menginginkan kedepannya kepada pihak penyelenggara agar berkolaborasi dengan OPD terkait agar Festival Sumber Banteng menjadi agenda wisata tahunan di Kota Kediri.
 
“Hanya dengan luas yang tidak terlalu besar,  Kelurahan Tempurejo Kecamatan Pesantren dan Pokmas Sumber Banteng bisa memanfaatkan potensi wisata yang ada disini. Saya sangat mengapresiasi hal tersebut. Dan kedepan agar dapat berkolaborasi dengan Disbudparpora Kota Kediri agar dijadikan agenda tahunan wisata Kota Kediri,” tutur Eko Lukmono. [AM/Yud]