P PENDIDIKAN

Unesa Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Billing Santri

SURABAYA (MDN) - Kebutuhan layanan administrasi yang prima menjadi impian bagi sekolah di era teknologi informasi saat ini. Perkembangan teknologi informasi saat ini merubah paradigma sekolah dalam memberikan pelayanan kepada stakeholder salah satunya adalah wali murid.
 
Aisyiyah Bustanul Athfal I Buduran (ABA 1 Buduran) merupakan sekolah yang didirikan oleh pengurus Aisyiyah cabang Buduran. Tidak seperti sekolah umum, sekolah ini mengenalkan anak-anak sesuatu yang lebih yakni mengenai pendidikan akhlak, mengaji dengan metode UMMI dan sedikit Calistung (membaca dan berhitung).
 
Karena PAUD – TK Aisyiyah Bustanul Athfal I Buduran termasuk yayasan pendidikan swasta, maka semua keuangannya dikelola secara mandiri. Selama ini pembayaran SPP dilakukan pencatatan secara manual, sehingga dibutuhkan tenaga sedikit ekstra dalam pengelolaannya, termasuk bagaimana melihat history pembayaran, santri yang sedang menunggak SPP, pembuatan kwitansi pembayaran SPP dan lainnya.
 
Tentunya kesulitan ini berpengaruh terhadap kecepatan pihak pengelola dalam mengambil kebijakan ataupun keputusan yang terkait dengan data SPP.
 
Untuk menyelesaikan masalah tersebut para dosen dari jurusan Teknik Informatika, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) yang beranggotakan 3 dosen yaitu Agus Prihanto, Dwi Fatrianto dan Aditya Prapanca telah membuat sebuah sebuah aplikasi SiBiSa (Sistem Informasi Billing Santri) yang diharapkan dapat membantu pihak sekolah dalam mengelola pembayaran SPP pihak sekolah.
 
“Aplikasi ini dibuat dalam rangka pengabdian para dosen Unesa dalam masyarakat, sehingga proses desain, pembuatan aplikasi hingga pelaksanaannya gratis bagi pihak sekolah. Sebab seluruh dana telah disediakan oleh pihak kampus Unesa,” terang salah satu Dosen Unesa, Aditya Prapanca dalam keterangannya, Minggu (27/11).
 
Aplikasi yang dibuat memiliki 2 bagian utama yaitu Aplikasi Billing Santri dan Aplikasi Chatbot. Aplikasi Billing Santri dikembangkan dengan berbasis web yang digunakan oleh operator/admin sekolah untuk mengentri data siswa, data billing tagihan, bukti transfer pembayaran, laporan siswa belum lunas dan administrasi user yang diijinkan akses ke aplikasi.
 
Untuk mengakses aplikasi tersebut dapat menggunakan laptop maupun smartphone yang terkoneksi internet, sedangkan Aplikasi Chatbot merupakan mesin penjawab berbasis WhatsApp Messenger yang digunakan para wali murid untuk bertanya terkait dengan billing tagihan putra-putrinya.
 
Aplikasi ini telah disosialisasikan penggunaannya ke pihak sekolah dan sekaligus wali murid pada tanggal 20 Oktober 2022. Pihak sekolah merasa cukup terbantu dengan aplikasi Billing Santri, karena aplikasi ini dapat mencatat billing tagihan secara sistematis yang mudah dipahami serta dapat diakses dari mana saja tanpa perlu menginstall program aplikasi terlebih dahulu di laptop maupun smartphone mereka.
 
Sedangkan tanggapan para wali murid cukup senang dengan kehadiran aplikasi chatbot ini, karena mereka dapat segera mendapatkan jawaban dari pertanyaan terkait billing tagihan anaknya secara otomatis melalui chatbot yang telah disediakan.
 
Wali murid tidak perlu susah-susah datang ke sekolah untuk bertanya ke petugas sekolah terkait pembayar SPP dan tunggakan pembayaran. Semua sudah bisa dilakukan melalui chat WhatsApp yang dijawab otomatis oleh mesin. [Hms/Rev]