P PERTANIAN

Warga Desa Kubu Padi Mengubah Lahan Karet Jadi Perkebunan Nanas

 
Kubu Raya, Mediadestara - Sejumlah lahan perkebunan karet ditebang dan diganti dengan tanaman nanas oleh masyarakat di Desa Kubu Padi, Kecamatan Kuala Mandor B, Kabupaten Kubu Raya Provinsi Kalimatan Selatan, saat awak Mediadestara turun ke lahan masyarakat Selasa (23/2/2021).
 
Untuk membuka lahan pertanian tersebut sebagian warga Kubu Padi, menebangi tanaman karet yang sudah puluhan tahun mereka pelihara. Tanaman nanas dianggap memiliki nilai ekonomis lebih mahal yang kini dikenal sebagai komoditas khas Desa.
 
Dahruji  warga Desa Kubu Padi menjelaskan, “Saya mulai senang menanam buah nanas ini karena mudah dalam pemasarannya. Warga Desa Kubu Padi biasa menjual nanas-nanas itu ke pengumpul  hampir setiap minggu sekali. Para pengumpul kemudian memasarkannya ke Kota Pontianak dan sejumlah Kota di Kalimantan Barat.”
 
Menurut Dahruji, “Keuntungan yang didapat dari menanam nanas sangat besar. Satu buah nanas dihargai Rp 2.000,- oleh para pengumpul. Dalam satu kali pengangkutan hasil panen, nanas yang dibawa petani biasanya, sekitar 300-400 buah, tinggal dikalikan saja berapa penghasilan yang didapat".
 
“Pemasaran nanas di daerah Kubu Padi sudah maksimal hingga ke daerah-daerah lain. Dan mudah-mudahan harga nanas kedepannya lebih mahal lagi, “ungkap Dahruji.
 
Jurnalis                   : Mahtub