W WARTA

Kabid Keuangan PMD Kab Mesuji Buka Agenda Evaluasi R-APBDes Perubahan Di Kecamatan Mesuji Timur

MESUJI (mediadestara.com) -  Kecamatan Mesuji Timur Lakukan Evaluasi Rancangan Perubahan  Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (R-APBDes Perubahan) untuk Desa Se-Kecamatan Mesuji Timur Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung di Balai Desa Tanjung Mas Makmur, Kegiatan Evaluasi ini adalah Kegiatan yang Pertama untuk seluruh Kecamatan di Kabupaten Mesuji. Kamis (14/10/2021).
 
Agenda Evaluasi Rancangan Perubahan APBDes yang di hadiri Delegasi Kades dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Mesuji Timur

Kegiatan dihadiri oleh Kadis PMD Kabupaten Mesuji yang di wakili oleh Kabid Keuangan dan aset PMD, Kadis Nakertrans Mesuji yang di wakili Sekretaris Nakertrans, Kabag Ekbang yang di wakili oleh Kasubag Perekonomian Kabupaten Mesuji, Tenaga Ahli Kabupaten Mesuji, PD dan PLD Kecamatan Mesuji Timur dan seluruh Delegasi Kades dan Perangkat Desa Se-Kecamatan Mesuji Timur.

Suharlian Kabid Keuangan dan Aset PMD Kabupaten Mesuji dalam sambutannya mengatakan " Kegiatan Evaluasi Rancangan Perubahan APBDes kali ini adalah Perubahan APBDes yang kedua dikarenakan adanya pergeseran Pos Belanja dalam APBDes terutama Penambahan KPM BLT yang bersumber dari  DD dan Penambahan Bantuan Keuangan Kabupaten (BKK) bagi Desa yang melaksanakan Pilkades serentak di Kabupaten Mesuji. Dan saya berharap bagi Desa yang melaksanakan Pilkades agar dapat menjaga kondisi di Desanya agar tetap kondusif."

Dalam kesempatan tersebut beberapa OPD juga memberikan pemaparan tentang Program-program Pemda Kabupaten Mesuji yang masuk ke Desa dan Masyarakat di tahun anggaran 2021 dan 2022.

Suyono Sekretaris Desa Tanjung Mas Rejo dalam kesempatan tersebut mengatakan " kegiatan Evaluasi Rancangan Perubahan APBDes ini adalah agenda Rutin yang dilaksanakan setiap tahun oleh Pemerintah Desa yang disepakati bersama BPD, guna Penyesuaian Anggaran Pendapatan dan Belanda Desa baik dari Pusat maupun Daerah. Mudah-mudahan kawan-kawan sekdes tetap solid dan kompak dalam melaksanakan tugas agar setiap tahapan kegiatan tetap berjalan sesuai rencana " katanya.
 
Peserta Evaluasi Rancangan Perubahan APBDes

Berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018, diantaranya sebagai berikut: (1).Bahawa perubahan APBDes itu dapat dilakukan apabila: terjadi penambahan dan/atau pengurangan pendapatan desa; penghematan belanja; pergeseran anggaran antar pos bidang; dan penggunaan SiLPA tahun sebelumnya; dengan tetap berpedoman pada RKPDes.(2).Bahwa Perubahan APBDes itu hanya dapat dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun anggaran, kecuali dalam keadaan luar biasa. [Suganda]..