W WARTA

Lamongan Lakukan Kolaborasi Antar OPD untuk Tingkatkan Mutu Pendidikan

LAMONGAN (MDN) – Tingkatkan mutu pendidikan tidak selalu menjadi tugas Dinas Pendidikan (Disdik), akan tetapi merupakan tanggung jawab semua pihak demi mencapai tujuan bersama yaitu generasi muda yang cerdas dan berakhlak. Pemkab Lamongan telah mewujudkan kerja kolaborasi antara beberapa OPD untuk membangun dan meningkatkan mutu pendidikan itu.
 
Sebuah komitmen bersama mempertajam mutu pendidikan serta prestasi anak didik guna mewujudkan visi Lamongan menuju kejayaan berkeadilan itu, dilakukan di GOR Dinas Pendidikan Lamongan, Jumat (14/1/2022).
 
5 OPD menandainya lewat penandatanganan komitmen bersama untuk bekerjasama, membimbing, dan membina dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan serta prestasi siswa.
 
“Untuk mencapai kejayaan Lamongan diperlukan kolaborasi semua bidang, juga insan pendidikan, utamanya pada misi mewujudkan SDM yang unggul, berdaya saing, berakhlak, dan responsif terhadap perkembangan zaman,” terang Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi yang memimpin penandatanganan komitmen itu.
 
Selain Dinas Pendidikan (Disdik), komitmen itu juga diikuti Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda), Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud).
 
KONI dan beberapa dinas lain dan Bank Jatim, juga Bank Daerah Lamongan juga menandai komitmen itu. Komitmen bersama ini merupakan bentuk kerjasama lintas OPD untuk meningkatkan mutu pendidikan.
 
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, yakin Lamongan mempunyai SDM yang unggul, untuk itu diperlukan wadah untuk memamerkan prestasi yang dimiliki. Contohnya majalah yang juga dilaunching bersamaan dengan penandatanganan kesepakatan yaitu Majalah ELCE (Lamongan Cerdas).
 

Yuhronur Efendi menambahkan, unggul saja kurang, perlu pula memiliki daya saing, dan berakhlak. Jadi siswa tidak hanya mengejar kepintaran dan kepandaian saja, tetapi juga harus memiliki budi pekerti dan akhlak baik.
 
Selain itu, Yuhronur Efendi mengajak semua pihak responsif dengan perkembangan zaman. "Insya Allah kejayaan bisa terwujud mana kala kita semua bersama-sama, bersatu padu, berkolaborasi dalam satu visi, satu gerak langkah untuk mencapai cita-cita yang diinginkan masyarakat Lamongan,” tambahnya.
 
Dalam acara tersebut tidak hanya menandatangani kesepakatan bersama dan melaunching Majalah ELCE, Bupati Lamongan juga melaunching Jersey Disdik Cycling Club.
 
Pada kesempatan tersebut Kepala Disdik Lamongan, Munif Syarif mengungkapkan, alasan dilaksanakannya kegiatan ini adalah dalam rangka memajukan pendidikan di Lamongan.
 
Munif menjelaskan, jumlah lembaga pendidikan di bawah naungan disdik sangat besar, sehingga perlu adanya kolaborasi dan sinergitas untuk kemajuan pendidikan.
 
"Selain itu, dengan penandatangan komitmen bersama ini kami berharap mutu pendidikan semakin maju dan untuk diversifikasi kurikulum lebih leluasa dalam mengolah potensi lokal,” pungkasnya. [J2].