Sebanyak 14 Gunungan Hasil Panen Warga Meriahkan Sedekah Bumi Desa Ngujung

admin
Screenshot 20230712 114941

BOJONEGORO || TRANSISINEWS – Arak – arakan gunungan hasil bumi keliling Desa Ngujung Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro warnai acara sedekah Bumi di desa setempat, Pada 12 /07 /2023, Gunungan dari berbagai macam hasil panen diarak menuju ” PUNDEN ” Raden Sentono .

Acara sedekah Bumi dan Grebek Gunungan hasil bumi tersebut merupakan acara rutin tahunan yang di gelar warga desa Ngujung beserta Pemerintah Desa . Kegiatan ini adalah adat yang tak bisa di pisahkan bagi warga setempat karena merupakan adat dan budaya warisan leluhur dari Nenek Moyang .

IMG-20230712-WA0022

Sebelum acara Sedekah Bumi warga Desa sudah bergotong – royong untuk membersihkan lokasi tempat acara dan juga bersih – bersih makam tempat leluhurnya dan juga makam umum yang ada di desa tersebut .Ini menunjukkan bahwa warga Desa Ngujung Kecamatan Temayang masih kompak dan menjaga tradisi yang telah termaktub dalam sikap ber Pancasila .

Eko Puryanto, ST Kepala Desa Ngujung dalam sambutannya, bahwa acara ini merupakan rutinitas tiap tahun , dan merupakan rasa syukur kita kepada Allah SWT atas segala nikmat yang di berikan kepada Umatnya .

Selain itu, Masyarakat bisa kompak seperti ini adalah wujud kepedulian dan ” Manunggal ” nya antara Perangkat desa dan Masyarakatnya .

Semoga kekompakan dan kebersamaan seperti ini bisa terjaga untuk menuju desa Ngujung lebih maju dan masyarakatnya sejahtera ” harapnya.

Eko Wahyudi mewakili BPD Desa Ngujung kepada Media ini menuturkan bahwa , sebelum acara sedekah Bumi di laksanakan , warga bersama perangkatnya melakukan acara Tahlil untuk mendo’akan para leluhur yang telah berjasa untuk ” Cikal Bakal ” di desa sini .

Untuk merayakan kegiatan sedekah bumi ini setiap RT / RW membuat gunungan hasil bumi untuk di arak keliling desa di ikuti warga dari masing – masing lingkungan RT .

Semoga tahun depan lebih meriah lagi dan acara seperti ini di laksanakan secara gotong royong serta bisa memberikan berkah dan manfaat bagi kita semua ” ungkapnya.

Setelah acara selesai warga berebut Gunungan dari hasil bumi dengan maksud apa yang di dapat adalah sumber rezeki bagi mereka.

Ag

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *