Warta  

Bersama Ketua Pencak Silat, Polsek Karanganyar Gelar Silaturahmi dan Piama Pendek

admin
Bersama Ketua Pencak Silat, Polsek Karanganyar Gelar Silaturahmi Dan Piama Pendek 1

NGAWI (MDN) – Polsek Karanganyar Polres Ngawi, menggelar Silaturahmi dan Piama Pendek (Ngopi Bersama Pendekar Karanganyar) yang diikuti oleh para Ketua Pencak Silat yang berada di wilayah Kecamatan Karanganyar, Jum’at(20/10/2023).

Piama Pendek ini dihadiri oleh Danramil Karanganyar, Kasi trantib Kecamatan Karanganyar dan lima Perguruan Pencak Silat, diantaranya perguruan Pecak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate, Persaudaraan Setia Hati Tunas Muda Winongo, Pagar Nusa, Ikatan Kera Sakti dan Cempaka putih.

Kegiatan digelar menindak lanjuti arahan pimpinan, bahwa Silaturahmi yang sudah terjalin antara Polsek Karanganyar dengan para Perguruan Silat terutama para Ketua untuk terus dilaksanakan. Para Ketua Perguruan Silat ini juga mempunyai tanggung jawab untuk menjaga stabilitas keamanan di Karanganyar.

“Kita sepakat semua perguruan pencak silat punya tanggung jawab bersama untuk mencegah dan meminimalisir terjadinya potensi konflik ditingkat akar rumput,” tegas AKP Supardi.

Lebih lanjut, AKP Supardi mengatakan, pihaknya menyadari bahwa saat ini pengaruh media sosial cukup luar biasa dalam terjadinya potensi gesekan. Hal-hal yang kecil kemudian ketika diterimanya berbeda ini kemudian berdampak situasi di lapangan.

Bersama Ketua Pencak Silat, Polsek Karanganyar Gelar Silaturahmi dan Piama Pendek_2Maka Silaturahmi dan Piama Pendek yang dilaksanakan ini bertujuan sangat penting untuk membangun sistem komunikasi yang baik ditingkat Polsek, kecamatan hingga desa. Agar masing-masing perguruan pencak silat bisa menjaga kamtibmas dengan baik.

“Inilah yang kemudian diharapkan dapat menjadi daya cegah dan tangkal bagi masuknya upaya provokasi yang ingin terjadinya situasi yang tidak kondusif di Karanganyar,” tambahnya.

Sementara itu, persoalan pergesekan antar perguruan pencak silat yang kemungkinan bisa terjadi, pihak kepolisian akan melakukan evaluasi penyebab gesekan diakar rumput sesuai fakta dan data. Selanjutnya akan membuat sistem bagaimana potensi konflik diakar rumput tidak terjadi.

“Perlu intensitas pertemuan ditingkat akar rumput desa agar tetap kondusif,” tegasnya.

Dalam Piama Pendek ini salah satu Ketua Ikatan Pencak Silat CP (Cempaka Putih) Santo, menyampaikan ucapkan terima kasih kepada Kapolsek Karanganyar yang telah mengumpulkan para perguruan pencak silat untuk meningkatkan silaturahmi dan komunikasi guna menjaga Kamtibmas di wilayah Karanganyar.

Santo menyampaikan bahwa sebenarnya antar perguruan pencak silat di Karanganyar saat ini sangat guyub dan sudah saling menjaga silaturahmi dari perguruan utamanya pengurusnya dari ketua perguruan.

“Untuk tingkat akar rumput seperti yang disampaikan oleh pak Kapolsek ini yang perlu ditingkatkan lagi komunikasinya agar tidak mudah terprovokasi” ucapnya. [Don]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *