Warta  

Srikandi Polres Kediri Kota Ajak Pelajar Stop Bulying dan Bijak Bermedia Sosial Lewat MPLS

admin
Img 20240718 Wa0250

KEDIRI KOTA | MDN – Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) di SMAN 1 Kota Kediri mendapat penyuluhan oleh Polwan Polres Kediri Kota.

IPTU Darwati, S.H. yang sehari-hari menjabat sebagai Kasatbinmas Polres Kediri Komemberikan sosialisasi tentang bahaya bullying dan bijak bermedia sosial kepada para pelajar.

Dalam penyampaian materinya, IPTU Darwati menekankan pentingnya menjaga kedamaian dan keamanan di lingkungan sekolah.

“Kami memberikan pemahaman mendalam kepada siswa mengenai hukum serta konsekuensi dari perilaku bullying di sekolah, “ kata Iptu Darwati , Rabu (17/7/2024).

Menurut Iptu Darwati, Bullying bukanlah hal yang sepele. Selain merugikan korban secara emosional dan psikologis, pelaku bullying pun dapat terjerat dalam masalah hukum yang serius.

“Ini kita tegaskan agar para pelajar dan juga guru di sekolah mendukung untuk mencegah dan segera menghentikan bullying,”kata Kasatbinmas

Selai itu, IPTU Darwati juga memberikan pemahaman tentang prilaku bermedia sosial yang bijaksana.

Masih kata Iptu Darwati, tak jarang Bullying ini diawali dari bermedia sosial yang tidak bijak sehingga memancing tindakan bullying.

Iptu Darwati juga mengimbau kepada pelajar dan guru untuk tidak segan-segan melaporkan setiap kejadian bullying yang mereka alami atau saksikan.

“Laporkan kepada pihak sekolah atau pihak berwajib untuk segera ditangani dan diselesaikan sehingga tidak berkepanjangan dan berdampak pada kasus hukum,”ujar Kasatbinmas.

Lebih lanjut Iptu Darwati ,kegiatan penyuluhan ini menjadi bagian integral dari upaya Pemerintah dalam meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap masalah bullying di kalangan pelajar.

Diharapkan, dengan adanya pemahaman yang baik mengenai konsekuensi hukum dan dampak sosial dari bullying, para siswa akan lebih berhati-hati dalam bertindak dan lebih proaktif dalam membantu sesama.

“Kita semua bertanggung jawab untuk mencegah dan melawan bullying di sekolah,”tegas Kasatbinmas

Ia menekankan bahwa tindakan perundungan ini bukan hanya urusan sekolah atau Polisi, tapi merupakan tanggung jawab bersama untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan nyaman bagi semua.

“Dengan adanya himbauan dan edukasi ini, kami berharap dapat memberikan pemahaman sejak dini kepada para siswa tentang bahaya narkoba, bullying, dan pentingnya bijak dalam bermedia Sosial,” ujar Iptu Darwati

Kegiatan edukasi ini mendapat sambutan positif dari pihak sekolah dan diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi para siswa dalam menjalani kehidupan sehari-hari dengan lebih baik dan bijaksana.

Pada kesempatan tersebut, Kepala SMAN 1 Kota Kediri Widayat, S.Pd., M.M. menyambut baik kegiatan tersebut dan berharap penyuluhan hukum yang diberikan oleh Kepolisian dapat memberikan manfaat besar bagi para siswa.

“Kami berterimakasih atas kegiatan sosialisasi dari Polwan Polres Kediri Kota semoga materi yang disampikan dapat menambah pengetahuan dan membantu siswa memahami bahaya bullying serta pentingnya menjaga sikap serta perilaku yang sesuai dengan norma hukum yang berlaku,” Widayat.[Yud]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *