Pejabat PUPR Mesuji Nekat Jaminkan BPKB Kendaraan Milik Orang Untuk TutupiTemuan BPK

admin
Pejabat Pupr Mesuji Nekat Jaminkan Bpkb Kendaraan Milik Orang Untuk Tutupitemuan Bpk
Foto Kantor PUPR Kabupaten Mesuji

MESUJI |MDN – Berdasarkan laporan hasil pemeriksaan (LHP – Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI tahun 2022 di Kabupaten Mesuji terdapat temuan di Dinas PUPR, berupa hilangnya persediaan non material yakni hilangnya persediaan solar dan sparepart mencapai Rp. 577. 032.254,00 (Lima ratus tujuh puluh tuju juta tiga puluh dua ribu dua ratus lima puluh empat rupiah), Senin 22/7/2024

Dengan raibnya solar dan sparepart tersebut Pejabat PUPR Mesuji bersedia bertanggung jawab dengan mengganti atas hilang aset Daerah (solar dan sparepart) dan, telah dilakukan penandatanganan penertiban Surat Keterangan Tanggung Jawab Mutlak (SKTJM) Nomor KD. 01.04/V. 0 1/TPKD/MSJ/ Mei 2023 dilengkapi dengan berita acara serah terima jaminan serta surat kuasa menjual barang kepada pemerintah Kabupaten Mesuji.

Barang jaminan tersebut berupa Buku Kepemilikan Kendaraan Bermotor (BPKB) kendaraan jenis INOVA tahun 2022, nomor. S-01568997, STNK nomor AJ 0148 2592, sebagai jaminan penyelesaian pemulihan kerugian Negara.

Akan tetapi pada saat dilakukan pemeriksaan fisik oleh BPK sekitar pada bulan Mei tahun 2024, jaminan keberadaan berupa BPKB tersebut sudah tidak ada.

Bidang pengelola Barang Milik Daerah (BMD) BPKAD tidak dapat menunjukkan jaminan BPKB tersebut,

Berdasarkan keterangan Bidang pengelolaan BMD BPKAD diketahui, bahwa jaminan tersebut telah diambil oleh pemilik kendaraan, tanpa ada surat permohonan maupun bukti pinjaman lainnya.

Selanjutnya atas kondisi tersebut BPK melakukan konfirmasi kepada Pejabat PUPR yakni Kabid Bina Marga pihak yang menandatangani SKTJM.

Diperoleh keterangan bahwa jaminan BPKB tersebut bukanlah miliknya, melainkan milik orang lain yang sengaja dipinjam untuk menutupi temuan BPK tahun 2022 yang lalu.

Hingga berita ini dirilis Kepala Dinas (Kadis) PUPR Mesuji Agnatinus Syahrizal berhasil diminta keterangannya, terkait hilangnya persediaan Solar dan sparepart serta BPKB mobil Inova yang menjadi jaminan untuk menutupi temuan BPK telah diambil oleh pemiliknya tanpa ada surat kuasa dan proses yang benar.

Untuk memperoleh kejelasan permasalahan tersebut, tim media beberapa kali berupaya mendatangi Dinas PUPR Mesuji untuk lakukan konfirmasi namun selalu tidak berada ditempat atau sedang dinas luar. [Tim Media]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *