Warta  

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Ajak Remaja Bergabung dengan PIK-R untuk Ketahanan Nasional

admin
Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Ajak Remaja Bergabung Dengan Pik R Untuk Ketahanan Nasional

LAMONGAN | MDN – Bupati Lamongan Yuhronur Efendi, mengajak remaja di Kabupaten Lamongan untuk bergabung dengan Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Program ini merupakan wadah kegiatan Generasi Berencana (GENRE) yang dikelola dari, oleh, dan untuk remaja, dengan tujuan menciptakan generasi bangsa yang berkualitas.

Dalam kegiatan sosialisasi PIK-R yang berlangsung pada Kamis (1/8) di Aula Gadjah Mada Pemkab Lt.7, Yuhronur Efendi menekankan bahwa ketahanan nasional dimulai dari kuatnya ketahanan keluarga. Salah satu cara untuk memperkuat keluarga adalah dengan memberikan penguatan kepada anak-anak, yang merupakan generasi penerus bangsa.

“Ketahanan nasional dimulai dari ketahanan keluarga, salah satunya anak. Penguatan terus diberikan kepada anak, karena anak adalah generasi bangsa yang akan melanjutkan pembangunan. Salah satu upaya penguatan kepada anak ialah dibentuknya PIK-R,” tutur Bupati Lamongan.

Melalui PIK-R, remaja diharapkan dapat lebih mudah menghadapi lima transisi kehidupan remaja atau youth five life transitions, yaitu melanjutkan sekolah (continue learning), mencari pekerjaan/karir (start working), memulai kehidupan berkeluarga (form families), menjadi anggota masyarakat (exercise citizenship), dan mempraktekkan hidup sehat (practice healthy life).

Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Sofia Hani, menjelaskan bahwa PIK-R memiliki tugas memberikan pelayanan informasi dan konseling mengenai kesehatan reproduksi, perencanaan kehidupan berkeluarga, serta kegiatan penunjang lainnya bagi remaja.

“PIK-R wajib diikuti oleh remaja berusia 10 tahun hingga 24 tahun. Dengan bergabung di PIK-R, remaja akan tahu bahaya dari sex pra nikah/bebas, bahaya pernikahan dini, narkoba, hingga terorisme,” jelasnya di hadapan lima ratus remaja di Kabupaten Lamongan. [J2/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *