Bupati Lamongan Yuhronur Efendi Dorong UMKM dan Perdagangan Naik Kelas

admin
Pemkab Lamongan Dorong Umkm Naik Kelas

LAMONGAN | MDN – Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, yang akrab disapa Pak Yes, mendorong sektor perdagangan dan UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) untuk naik kelas agar mampu sejajar dengan sektor pertanian dan perikanan. Hal ini disampaikan Pak Yes saat acara senam bersama dalam rangka memperingati Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-77 di Alun-Alun Lamongan, Jumat (2/8/2024).

“Ini untuk mendorong UMKM di Lamongan lebih berkembang lagi sinergitasnya. Anggotanya lebih banyak dari pada UMKM, sehingga dalam hari ulang tahun ini kita dorong untuk lebih dekat dengan UMKM. Dengan demikian, basis ekonomi Kabupaten Lamongan selain pertanian, UMKM ini bisa lebih berkembang dan bersatu lagi,” kata Pak Yes.

Pak Yes juga menambahkan bahwa perdagangan dan UMKM Lamongan saat ini menjadi penyumbang terbesar kedua PDRB (produk domestik regional bruto) Lamongan sebesar 19,71 persen, setelah sektor pertanian, kehutanan, dan perikanan yang menyumbang 31,53 persen.

Sementara itu, koperasi sebagai ekonomi masyarakat melalui pengembangan usaha berbasis lokal atau UMKM, menjadi pembuka peluang bagi masyarakat yang menjalankan UMKM untuk memenuhi kebutuhan dasar dalam permodalan maupun pendistribusian produk dan usaha.

Untuk memperkuat sektor UMKM, pada kesempatan yang sama digelar lomba cipta menu lokal pride yang diikuti 27 paguyuban koperasi dari masing-masing kecamatan. “Kita sudah punya soft skill karena brand Lamongan ini sudah kuat dan dikenal di mana-mana seperti soto Lamongan, tahu campur Lamongan. Ini merupakan modal dasar membentuk brand Lamongan, sehingga produk UMKM Lamongan pasti sudah ada mindset bahwa Lamongan ini bagus,” tambah Pak Yes.

Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Lamongan, Etty Sulistyani, mengungkapkan bahwa menu lokal yang disajikan merupakan makanan khas dari masing-masing kecamatan. “Makanannya memang harus mencerminkan kekhasan daerah masing-masing,” ujarnya.

Seletah dilakukan uji penilaian dari segi cita rasa, kekhasan, hingga penyajian, paguyuban Koperasi Glagah menjadi pemenang juara 1, disusul paguyuban Koperasi Lamongan juara 2, dan paguyuban Koperasi Lamongan Sukorame juara 3.

Tidak hanya itu, pada kesempatan yang sama Dinkop Lamongan berikan sertifikat halal gratis bagi pelaku UMKM, sertifikat NIB gratis, sertifikat ham atas tanah (SHAT) gratis, serta berbagai penghargaan untuk insan koperasi yang terus memperjuangkan kesejahteraan anggota. [CAS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *