Warta  

PJs Bupati Ngawi : ASN Wajib Jaga Netralitas Pemilu

admin
Img 20241021 Wa0108

NGAWI | MDN  – Badan Pengawas Pemilu Kabupaten Ngawi menyelenggarakan sosialisasi kesiapan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/POLRI dalam menjaga netralitas pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Hadir dalam kegiatan acara Senin (21/10/2024) pagi tersebut, PJs Bupati Ngawi Ir. Tiat S Suwardi, M.Si, Dandim 0805 Ngawi Letkol Didik Kurniawan, Kapolres Ngawi AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H, serta seluruh Camat dan Danramil maupun Kapolsek di Kabupaten Ngawi.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi, Yohanes Pradana menegaskan seluruh ASN, baik yang bertugas di lingkup pemerintah daerah maupun TNI/POLRI dalam pemilihan daerah serentak tahun 2024 harus tetap menjaga netralitas. Terlebih dalam penggunaan media sosial untuk sarana komunikasi.

“Tanpa mengurangi adanya hak pilih bagi ASN dalam pelaksanaan pilkada, tetapi kami juga menghimbau bahwa untuk ASN lebih bijak dalam penggunaan media sosial. Karena terkadang penggunaan media sosial diluar kendali kita semua,” tegas Ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi, Yohanes Pradana.

Terkait dengan netralitas ASN, jika ada temuan maupun laporan, Bawaslu Kabupaten Ngawi akan melakukan kajian dan selanjutnya akan melaporkan ke pejabat pembina kepegawaian untuk ditindaklanjuti.

“Semua keputusan perkara terkait netralitas ASN dalam pemilu di Badan Kepegawaian Negara,” tegas Yohanes Pradana.

Dalam kesempatan itu, PJs Bupati Ngawi Ir. Tiat S Suwardi, M.Si juga menegaskan ASN Kabupaten Ngawi wajib menjaga netralitas dalam pemilu. Jika ditemukan ASN tidak netral, pihaknya menyerahkan proses hukum ke Bawaslu.

“ASN tetap punya hak pilih, namun hanya di bilik suara. ASN wajib menjaga netralitas, tidak berpihak dari pengaruh manapun, serta tetap menjaga kepentingan bangsa dan negara,” tegas PJs Bupati Ngawi Ir. Tiat S Suwardi, M.Si.

Sementara itu, Dandim 0805 Ngawi Letkol Didik Kurniawan dan Kapolres Ngawi AKBP Dwi Sumrahadi Rakhmanto, S.H., S.I.K., M.H, berkomitmen untuk menjaga netralitas seluruh jajarannya dalam pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024.

Bawaslu Ngawi menyelenggarakan sosialisasi kesiapan Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI/POLRI dalam menjaga netralitas pada pemilihan kepala daerah serentak tahun 2024 bertujuan memastikan pelaksanaan Pemilu yang adil dan transparan.

Dengan fokus pada peningkatan kesadaran, pencegahan pelanggaran, serta dorongan partisipasi aktif masyarakat, kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan pemilu yang kondusif dan bebas dari intervensi yang tidak etis, terutama di kalangan ASN maupun TNI/POLRI. [Don]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *