Masyarakat Desa Purana Bantarbolang Tuntut Reklamasi Bekas Galian Tanah

admin
Masyarakat Desa Purana Bantarbolang Tuntut Reklamasi Bekas Galian Tanah 1

PEMALANG (MDN) – Masyarakat, para tokoh masyarakat, Karang Taruna serta Pemerintah Desa (Pemdes) disaksikan Bhabinkamtibmas dengan perwakilan dari pihak perusahaan penambang mengadakan musyawarah di kantor desa Purana kecamatan Bantarbolang untuk membahas rencana reklamasi bekas tambang/galian tanah, Kamis ( 07/09/2023 ).

Dalam musyawarah tersebut perwakilan dari pemuda Muslaena menanyakan kepada perwakilan pelaksana reklamasi kapan akan dimulai pekerjaan reklamasi tersebut karena galian tanah tersebut sudah beroperasi sejak tahun 2017 hingga sekarang tidak ada tindakan nyata melainkan hanya janji-janji belaka dari pihak penambang.

Lebih lanjut Rozali pelaksana reklamasi menjelaskan ” pada prinsipnya kami ingin secepatnya melaksanakan reklamasi sesuai dengan apa yang menjadi tuntutan masyarakat desa purana agar lahan tersebut bisa segera berfungsi demi meningkatkan ekonomi dengan cara bertani. “jelas Rozali.

Kami juga berharap agar dalam pelaksanaan reklamasi ini masyarakat dan pemuda bisa membantu mengawal dan mengawasi pekerjaan kami, ” bisa ikut mengarahkan titik-titik atau batas tinggi rendahnya lahan tersebut biar sistem pengairan nantinya bisa berjalan dengan baik.” Harap Rozali pelaksana reklamasi.

Masyarakat Desa Purana Bantarbolang Tuntut Reklamasi Bekas Galian tanah_2Reklamasi dan pasca tambang adalah salah satu upaya untuk memperbaiki lahan dan mengembalikan fungsi lahan tersebut agar menjadi rata dan bisa di manfaatkan menjadi lahan pertanian yang produktif bisa untuk penanaman padi, jagung maupun palawija.

Salah satunya seperti di Desa Purana Kecamatan Bantarbolang Kabupaten Pemalang, bekas tambang tanah akan segera di reklamasi.

Warga pun sangat antusias dengan adanya rencana reklamasi tersebut, hal ini telah disepakati bersama oleh pihak Desa dan warga masyarakat dengan pelaksana

Menurut salah satu tokoh masyarakat H. Muslim mengatakan rencana reklamasi itu pernah disosialisasikan sebelum – sebelumnya tetapi tidak terealisasi.

Karena itu, warga masyarakat berharap dan mendukung penuh agar sosialisasi rencana reklamasi kali ini benar – benar di terwujud dan dapat segera dilaksanakan. [SIS]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *