BNPB: 37 Bencana Terjadi di Periode 3-9 Juli 2023

admin
Images 2023 07 11t132328.289

JAKARTA || TRANSISINEWS – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan sebanyak 37 bencana terjadi dalam sepekan terakhir periode 3–9 Juli 2023.

Bencana tersebut menyebabkan sebanyak enam orang meninggal dunia. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari.

Ia menjelaskan bahwa dilihat dari wilayah peristiwa bencana pada pekan ini, adalah di Aceh; Sumatera Selatan; Jawa Barat, Jawa Timur; Bali; Nusa Tenggara; Sulawesi; dan Kalimantan.

“Mulai dari Aceh, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Timur, khususnya Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, dan Kalimantan. Total 6 orang meninggal dunia itu di Bali itu ada 3 korban jiwa Lumajang, dan 3 di Bali,” ujar Abdul dikutip dalam keterangan, Selasa (11/7/23).

Menurut dia, kejadian bencana banjir mendominasi pada pekan ini. Sementara, dominasi bencana yang terjadi pekan lalu adalah kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

“Dalam 3, 4 hari ke belakang kita sering sekali mendapat pertanyaan dari masyarakat. Loh ini kan kita katanya mau di puncak kemarau, kok tiba-tiba hampir merata ya terkena banjir bandang,” terang Abdul.

(ndt/Gondrong)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *