SMA Negeri 1 Bluluk Gelar Diklat Jurnalistik, Guna Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bidang Jurnalistik

admin
Sma Negeri 1 Bluluk Gelar Diklat Jurnalistik, Guna Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bidang Jurnalistik
Saat pembukaan pelatihan Jurnalisti olej Kepala SMA Negeri 1 Bluluk Bapak Wantono Gono Putro, S.Pd., M.Pd,

LAMONGAN (MDN) – Seiring kebutuhan akan pengetahuan jurnalistik dalam perkembangan zaman, SMA Negeri 1 Bluluk atau yang akrab disebut SMABLU mengadakan pelatihan jurnalistik dengan mengundang bapak Handoyo, pimpinan redaksi Media Destara sebagai pemateri. Pelatihan Jurnalistik ini dilaksanakan pada hari Kamis (29/02/2024) di ruang kelas XII IPA 3.

Sma Negeri 1 Bluluk Gelar Diklat Jurnalistik, Guna Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bidang Jurnalistik 2

Dalam pelatihan ini, para siswa diajak untuk belajar langsung dari pengalaman seorang wartawan profesional. Mereka diberikan teori-teori dasar tentang jurnalistik yang meliputi 5W 1H, penulisan berita, pembuatan media cetak dan pengembangan media online.

Sma Negeri 1 Bluluk Gelar Diklat Jurnalistik, Guna Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bidang Jurnalistik 4Seusai mendapatkan materi, para siswa juga diberikan kesempatan untuk langsung mempraktikkannya ilmu yang sudah diberikan, agar mereka dapat memahami tentang proses penulisan berita yang memenuhi kaidah Jurnalistik.

Dengan diadakannya pelatihan ini, diharapkan para siswa SMA Negeri 1 Bluluk lebih terampil dalam bidang jurnalistik khususnya dalam menulis berita, karena di era digitalisasi ini peran seorang jurnalis itu sangat penting, khususnya dalam memberikan informasi yang cepat akurat.

Dengan demikian, Media Destara (MDN) mengajak para siswa untuk melihat secara langsung konsep-konsep dasar yang perlu dipelajari dalam bidang jurnalistik, sehingga mereka dapat menerapkannya dalam situasi kehidupan nyata di sekitar mereka.

Sma Negeri 1 Bluluk Gelar Diklat Jurnalistik, Guna Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bidang Jurnalistik 3Melalui pendekatan yang dilakukan, para siswa dapat lebih mudah memahami konsep-konsep dasar jurnalistik. Dengan pengalaman langsung, mereka dapat melihat bagaimana teori-teori tersebut dapat diterapkan dalam praktik sehari-hari, sehingga meningkatkan kemampuan mereka dalam menulis berita secara efektif dan autentik.

Seeperti halnya peserta yang ikut dalam pelatihan jurnalisti Suwarno, ia mengatakan akan pentingnya ilmu jurnalistik yang sangat jarang bisa didapatkan dan amat sangat berguna. “ Pelatihan ini sangat bermanfaat apalagi saya sangat mudah menerima pelajaran dari pemateri yang sangat membidangi dalam ilmu jurnalistik.” Kata Suwarno.

Sma Negeri 1 Bluluk Gelar Diklat Jurnalistik, Guna Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Bidang Jurnalistik 5

Lebih lanjut Suwarno akan mencoba menerapkan langsung ilmu yang sudah didapatkan dan akan mempraktikan dengan meminta bimbingan langsung dari Pak Hand panggilan akrabnya, agar apa yang sudah didapatkan dari pelatihan tersebut bisa bermanfaat. “ Sayang pak, kalua kita tidak serius mempraktekannya. Saya sudah kontak ke pak Han untuk bisa membimbing terus. Alhamdulillah pak Han bersedia.”Terang Suwarno.

Menyikapi efektifnya pelatihan ini, pembina ektrakurikuler SMABLU, Pak Tegar berencana untuk menyelenggarakan pelatihan lanjutan dalam waktu dekat. Sebab hal ini dapat memberikan kesempatan bagi para siswa untuk terus mengasah keterampilan mereka dalam bidang jurnalistik dan meningkatkan minat mereka dalam dunia media.

Selain itu Pak Tegar selaku guru pembimbing berharap dengan adanya pelatihan ini, siswa-siswi SMA Negeri 1 Bluluk dapat menjadi lebih unggul dan percaya diri dalam menerapkan ilmu jurnalistik. [SWN/Jurnalis Siswa SMABLU]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *