Warta  

Bupati Sekadau Ingatkan Pertahankan Budaya Bernuansa Seperti, Festival Meriam Karbit

admin
Bupati Sekadau Ingatkan Pertahankan Budaya Bernuansa Seperti, Festival Meriam Karbit,
Bupati Sekadau Ingatkan Pertahankan Budaya Bernuansa Seperti, Festival Meriam Karbit

SEKADAU, KALBAR (MDN) – Bupati Sekadau Aron, S.H membuat secara resmi kegiatan festival Meriam Karbit tradisional dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1445 .H Tahun 2024 Masehi, Selasa (09/04/2024) malam.

Dalam arahannya mantan anggota DPRD provinsi Kalimantan Barat ini mengatakan, bahwa festival Meriam Karbit tradisional hanya ada di kabupaten Sekadau, maka dari itu pertahankan momen tradisional ini untuk menambah khasanah budaya di kabupaten Sekadau.

Menurut dia, momen festival seperti ini kedepan kita harus kemas sebaik-baiknya agar lebih bernuansa budaya sambil kita berbenah dimana kekurangan. “Sebab kegiatan ini hanya ada di kabupaten Sekadau, untuk itu pertahankan,” sarannya.

“Saya secara pribadi dan atas nama pemerintah daerah kabupaten Sekadau mengucap selamat hari raya Idul Fitri 1445, semoga hari kemenangan menjadi introspeksi diri,” kata Aron.Ari kita sama -sama cinta kepada Sekadau atas kecintaan yang sama untuk membangun kabupaten yang Maju Sejahtera dan Bermartabat,” katanya.

Pemerintah sangat mengapresiasi kegiatan festival Meriam Karbit, dimana kita ramai-ramai bersatu untuk menyaksikan festival Meriam Karbit yang hanya di gelar setahun sekali pada momen tertentu.
Ia juga mengucapkan terimakasih kepada PHBI dan pihak panitia serta seluruh pihak yang terlibat terhadap pelaksanaan festival Meriam Karbit, sehingga kegiatan yang bernuansa budaya ini tetap akan di lestarikan.

Karena tidak banyak daerah yang melaksanakan kegiatan seperti ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa mengundang tamu dari luar Kalbar untuk melihat seperti apa festival Meriam ini.

Kedepan lanjut dia, kiranya kegiatan seperti ini kita bisa membuka even besar untuk mengadakan festival Meriam karbit yang lebih besar, untuk menarik wisatawan. “Kedepan kita bisa kemas kegiatan ini agar lebih baik lagi, untuk menarik wisatawan dari luar Sekadau,” katanya.

Ada 7 tim peserta yang mengikuti festival Meriam Karbit tahun ini, termasuk juara bertahan dari Onta desa Tanjung.

Hadir pada kegiatan tersebut, Kapolres Sekadau AKBP I Nyoman Sudama, Raja Sekadau, Waka Polres, ketua MABT Harianto, Kadis Perhubungan, Hermansyah, kadis Sosial Martinus Ridi, Kasat Pol PP Paulus Ugang, Koramil Sekadau hilir, ketua PHBI para tokoh serta undangan lainnya.(Ap/red).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *