Warta  

Bamsoet Ketua MPR RI Menandai Awal Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway

admin
Ketua Mpr Ri Bamsoet Menandai Awal Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway
Bamsoet Ketua MPR RI Menandai Awal Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway

PANDEGLANG | MDN – Hari Sabtu (11/5), Dari desa Tangkilsari, kecamatan Cimanggu, Ujung Kulon, kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, Ketua MPR RI, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI), Bambang Soesatyo, secara resmi melakukan peletakan batu pertama untuk memulai pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway. Sirkuit ini merupakan yang pertama kali dimiliki oleh IMI.

“Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway di Kabupaten Pandeglang, yang memiliki potensi wisata yang sangat menarik, akan menjadi magnet bagi sport tourism para penggemar otomotif dan wisatawan. Selain itu, ini juga akan memberikan dampak positif bagi kemajuan olahraga otomotif, khususnya balap off road, baik secara lokal maupun nasional,” kata Bamsoet.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah tokoh, termasuk PJ Gubernur Banten Al Muktabar, Pangko Armada RI Laksamana Madya TNI Denih Hendrata, Bupati Pandeglang Irna Narulita Dimyati, Direktur Tonsco dan pembalap legenda Indonesia Tinton Soeprapto, serta Ketua Kadin Provinsi Banten Amal Jayabaya dan pemilik Pulau Umang, Christian PB Halim.

Ketua Mpr Ri Bamsoet Menandai Awal Pembangunan Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway 2

Para pengurus IMI Pusat turut hadir dalam acara tersebut, termasuk Ketua Dewan Pembina Letnan Jenderal TNI (Purn) AM. Putranto, Dewan Pengawas Jeffrey JP, Wakil Ketua Umum Ananda Mikola dan Junaidi Elvis, serta beberapa komisi lainnya.

Bamsoet menjelaskan bahwa pembangunan sirkuit ini merupakan hasil kerjasama antara IMI Pusat dan Tonsco, dengan memanfaatkan lahan HGU seluas 50 hektar yang diberikan oleh Kementerian ATR/BPN. Selain sirkuit balap off road, juga direncanakan pembangunan hotel dan villa di sekitar lokasi.

“Diharapkan pembangunan dapat selesai tahun 2025, sehingga tahun depan IMI sudah bisa menggelar kejuaraan balap off road di Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway,” tambah Bamsoet.

Sirkuit Off Road Ujung Kulon Raceway memiliki panjang 1,8 kilometer dengan lebar sirkuit 8-10 meter, dengan 16 tikungan di setiap lajur. Sirkuit ini dapat digunakan untuk berbagai jenis balapan off road roda empat, seperti speed off road, fun off road, dan extreme off road. Selain itu, terdapat juga jalur lintasan kelas Endurocross yang diminati oleh pembalap roda dua. Dengan faktor keamanan yang sangat tinggi, sirkuit ini diharapkan dapat menjadi lokasi balapan kejuaraan baik nasional maupun internasional. [Kaji/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *