Hukrim  

Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PLN UIP JBTB Terjunkan Ratusan Relawan Bersihkan Sungai dan Tanam Mangrove Bersama

IMG-20230610-WA0056_copy_1600x1066

Malang, Transisinews – 10 Juni 2023. Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT PLN (Persero) mengajak seluruh pegawai untuk berpatisipasi langsung untuk turun dalam upaya pembersihan sampah di berbagai lokasi dengan gerakan Coastal Clean Up. Termasuk di dalamnya PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) beserta Unit Pelaksananya UPP JBTB.

Peringatan Hari Lingkungan Hidup menjadi momentum penting untuk meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga lingkungan hidup. Dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023, diharapkan menjadi pengingat bahwa tindakan masyarakat terhadap sampah khususnya sampah plastik sangat penting.

Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day diperingati setiap tanggal 5 Juni sejak tahun 1972. Peringatan ini ditetapkan oleh Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) saat hari pertama Konferensi Stockholm tentang lingkungan manusia. Setiap tahunnya, Hari Lingkungan Hidup mengusung tema yang berbeda-beda, dimana untuk tahun 2023 ini mengambil tema Beat Plastic Pollution, yakni seruan untuk bertindak guna menangani sampah plastik dan mencari solusi terkait polusi plastik.

Sampah plastik menjadi perhatian berbagai pihak, dikarenakan penggunaan plastik yang berujung menjadi polusi di daratan dan lautan. Sebagai dampaknya ribuan hewan di laut terbunuh setiap tahun. Di sisi lainnya, sampah plastik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk dapat terurai

Dalam giat kali ini, PLN UIP JBTB melakukan pembersihan sungai di 3 lokasi secara serentak. Adapun lokasi ini terletak di Pantai Clungup Malang Jawa Timur, Pantai Baros Jawa Tengah dan Sungai Tukad Mati di Denpasar Bali, sehingga secara total PLN UIP JBTB melakukan secara serentak di 3 provinsi yang berbeda.

Tidak hanya pembersihan sampah, PLN UIP JBTB juga menitik beratkan pada restorasi lingkungan dengan cara penanaman mangrove. Secara total pada 10 Juni 2023 ini, PLN UIP JBTB menanam 4000 pohon mangrove yang bertujuan untuk pelestarian lingkungan.

Seperti kita ketahui bahwa mangrove memiliki banyak manfaat bagi kehidupan seperti menyerap semua jenis logam berbahaya dan membuat kualitas air menjadi lebih bersih. Selain itu mangrove juga membantu alam dalam mendapatkan kualitas udara yang lebih baik dan bersih. Mangrovepun dapat dikembangkan menjadi salah satu objek wisata.

Dalam pembersihan ini, PLN UIP JBTB beserta berbagai pihak terkait mampu mengumpulkan sampah dari 3 sungai berbeda. Berbagai jenis sampah ini pengolahannya disinergikan dengan masing-masing Dinas Lingkungan Hidup serta komunitas terkait, agar perlakuannya dapat sesuai dengan upaya pelestarian lingkungan.

Hadir dalam salah satu lokasi pembersihan sungai yaitu di Sungai Clungup Jawa Timur, Kepala UPT Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Timur, Usman, SH, MH menyatakan apresiasinya kepada PLN UIP JBTB atas usahanya yang luar biasa dalam berkomitmen untuk pembersihan lingkungan ini. Lebih lanjut Pihaknya menyatakan bahwa usaha pembersihan sungai dalam rangka Hari Lingkungan Hidup Sedunia ini sangat berarti untuk lingkungan dan diharapkan akan dilakukan secara berkala.

General Manager PLN UIP JBTB, Anang Yahmadi, menyampaikan bahwa PLN pada tahun 2023 ini serentak melakukan gerakan coastal clean up ini, yang mana hal ini menjadi komitmen PLN dalam mendukung pelestarian lingkungan. PLN UIP JBTB pun menurunkan relawan pegawai PLN UIP JBTB serta keluarga besar PLN UIP JBTB untuk Bersama-sama membersihkan sungai serta untuk menanam mangrove yang secara optimis akan mampu membawa perubahan dampak positif untuk lingkungan.

“PLN UIP JBTB setiap tahunnya selalu melakukan usaha pelestarian lingkungan, tahun lalu puluhan ribu pohon ditanam, dan tahun inipun kembali PLN UIP JBTB melakukan restorasi lingkungan dengan penanaman mangrove serta dengan pembersihan sungai yang diberi nama program Coastal Clean Up. Hari ini total 4000 mangrove ditanam, dan dalam pertengahan bulan inipun, nantinya PLN UIP JBTB melalui program PLN Pedulinya akan menanam lebih dari 10.000 pohon mangrove kembali di lokasi berbeda. PLN yakin bahwa komitmen pelestarian lingkungan ini akan berdampak positif bagi sekitar. Serta PLN berharap dapat memotivasi sekitar untuk bersama mencintai lingkungan. Secara khusus PLN UIP JBTB juga berterima kasih kepada Dinas Lingkungan Hidup di masing2 wilayah, Pemerintah setempat, Komunitas Peduli Sungai (KPS) Tukad Mati, Kelompok CMC 3 Warna, Kelompok Pemuda Pemudi Baros, PIKK PLN UIP JBTB serta berbagai pihak terkait atas kerjasamanya dalam melakukan gerakan ini. Salam Lestari. ” ucap Anang Yahmadi.

Anang menambahkan bahwa setiap tahun PLN telah menggandeng berbagai komunitas yang memang mempunyai komitmen dan kepedulian terhadap lingkungan. Sinergitas ini diyakini mampu menginspirasi lingkungan untuk bersama menjaga tanah Indonesia tercinta. PLN yakin dengan kepedulian serta kerja keras dari berbagai pihak, secara merata lingkungan di Indonesia akan semakin terjaga. (Bledex)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *