Icon Wisata Baru Surabaya Dibuka, Walikota Surabaya Resmikan Wisata Susur Sungai Kejawan Putih Tambak

admin
Img 20230727 Wa0108 Copy 1600x900

Surabaya, Transisinews – 27 Juli 2023. Icon Wisata Baru di Kota Surabaya yang terletak di Kelurahan Kejawan Putih Tambak Resmi dibuka. Walikota Surabaya, Eri Cahyadi datang langsung ke lokasi untuk resmikan Wisata Susur Sungai Surabaya.(27/07)

Peresmian inipun dihadiri Walikota Surabaya, Eri Cahyadi, ST, MT, didampingi jajarannya, PLH General Manager ,Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Timur dan Bali, Eko Rahmiko, Manager PLN UPP JBTB 2, David Eko, Camat Mulyorejo, Arif Rusman, ST, Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Muhammad Yasin, Danramil 0831 Sukolilo, Mayor Inf. Rismanto, Lurah Kejawan Putih Tambak, Setia Kustanto, Kapolsek Mulyorejo, Kompol Sugeng Rianto, Komunitas Nelayan Kejawan Putih Tambak, Perwakilan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surabaya, Perwakilan Badan Keamanan Laut dan Perwakilan Polisi Cairan dan Udara, Perwakilan Akademisi, Perwakilan PPNS, Perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Lurah Mulyorejo, Eny Nurotul Khotimah, ST, Lurah Dukuh Sutorejo,Isworo Andik Sucahyo, ST, Lurah Kalisari, Yudiono, S.T., M.T. Lurah Manyar Sabrangan, Ronny Novianto, SE, SH, M.H, Lurah Kalijudan, Derick Iskandar S.ST, M.T, Lurah Keputih, A.F. Fajar Febriansyah, SH, MH serta Tokoh masyarakat kejawan putih tambak;

Seperti diketahui, Program Pengembangan Wisata Susur Sungai Kejawan Putih Tambak merupakan Bantuan dari PLN Peduli sebesar 265 juta rupiah, yang diberikan PLN Unit Induk Pembangunan Bagian Timur dan Bali (PLN UIP JBTB) kepada masyarakat melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kejawan Putih yang berada di bawah naungan Kelurahan Kejawan Putih Tambak. Melalui Program PLN Peduli ini, masyarakat mendapatkan Pelatihan Pembuatan Kapal serta 3 perahu susur sungai yang difungsikan untuk pengunjung mengunjungi wisata ini. Tidak hanya itu, 2 dermagapun dibangun berkat bantuan PLN Peduli yang sangat dibutuhkan untuk tujuan pengembangan daerah wisata ini.

Ditemui dalam peresmian 27 Juli 2023, PLH General Manager, Senior Manager Perizinan Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP JBTB  Eko Rahmiko menuturkan bahwa PLN dalam menjalankan pembangunan infrastruktur kelistrikan demi kepentingan umum senantiasa berwawasan lingkungan. Salah bentuk kepedulian PLN berupa program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang selaras dengan tujuan pemerintah sustainable development goals (SDGs).

Lebih lanjut Eko melanjutkan bahwa PLN berharap dengan bantuan ini akan semakin mengembangkan perekonomian masyarakat setempat beserta Usaha Masyarakat di dalamnya. Eko menuturkan bahwa PLN yakin dengan peningkatan pendapatan masyarakat tentunya akan memperbaiki taraf hidup masyarakat sekitar serta komunitasnya. Tidak hanya itu diharapkan dengan bantuan ini, masyarakat diberikan tambahan pengetahuan dalam pembuatan kapal, sehingga nantinya akan sangat bermanfaat untuk warga sekitar yang banyak berkecimpung sebagai nelayan sebagai mata pencaharian utamanya, serta masyarakat diharapkan dapat peduli dan turut serta menjaga aset PLN yang ada dilingkungan masing-masing.

Ketua Lembaga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan Kejawan Putih Tambak, Muhammad Yasin mengungkapkan terima kasihnya kepada PLN atas bantuan yang diberikan. Yasin menerangkan bahwa selama ini yang dipakai untuk menyusuri sungai hanyalah perahu nelayan jika kelompok nelayan sedang tidak melaut, sehingga tidak ada perahu khusus yang difungsikan untuk wisata. Dengan adanya bantuan PLN melalui Program PLN Peduli, warga yang tergabung dalam komunitas memiliki perahu yang difungsikan khusus untuk wisata sehingga diharapkan dapat memikat dan meningkatkan wisata susur sungai yang dibuka secara umum di 27 Juli 2023 ini.

Apresiasi yang besar kepada Pemerintah Kota Surabaya juga disampaikan Yasin. Menurutnya warga sangat antusias atas kesediaan Walikota Surabaya untuk langsung hadir meresmikan wisata susur sungai ini.

“Kami berterima kasih atas bantuan PLN Peduli, sangat berarti bagi kami, kami mendapat bantuan perahu, mendapat juga pembekalan melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia dalam pelatihan pembuatan perahu yang sangat penting bagi kami, tidak hanya itu dermagapun dapat direalisasikan berkat bantuan dari PLN. Kami juga sangat mengapresiasi kesediaan kehadiran Bapak Walikota Surabaya, Bapak Eri Cahyadi yang berkenan hadir dan meresmikan langsung wisata susur sungai ini serta seluruh pemerintah setempat dan stakholder yang hadir. Semuanya ini sangat berarti bagi warga. Semoga dengan usaha dari semua pihak, wisata susur sungai ini dapat sebagai icon baru wisata Kota Surabaya yang diminati masyarakat serta menambah perekonomian masyarakat”, Ucap Yasin.

Dalam sambutannya pada acara peresmian susur sungai, Walikota Surabaya, Eri Cahyadi menyampaikan apresiasinya kepada PLN “Yang Selalu Ada Di Hati” atas kepeduliannya tidak hanya kepada warga kejawan putih tambak, tetapi ditempat lain juga, harapan wisata susur sungai ini dapat terbangun dengan baik dan berkelanjutan. Eri mengharapkan bahwa wisata ini akan dijaga bersama dan dikembangkan agar perekonomian dapat meningkatkan.

Eri juga memberikan sanjungan kepada warga sekitar, LPMK serta pemerintah setempat atas ide wisata susur sungai dan dengan luar biasa didukung PLN. Sehingga dengan hadirnya PLN dapat memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Eri menyampaikan harapannya agar kawasan wisata susur sungai ini dapat dikenal luas masyarakat sehingga dapat meningkatkan pendapatan masyarakat sekitar. Eripun yakin bahwa wisata susur sungai ini akan menjadi Pilihan wisata yang berada di Kota Surabaya. Dengan demikian Surabayapun dapat dikenal dari ujung ke ujung sebagai kota yang penuh dengan inovasi. (Bledex)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *