Sistem Pertahanan AS Tembak Jatuh Drone Dekat Pangkalan di Irak Utara

admin
Sistem Pertahanan As Tembak Jatuh Drone Dekat Pangkalan Di Irak Utara
Para pekerja membersihkan puing-puing setelah serangan roket di Irbil, Irak, 16 Februari 2021. (Foto: Salar Salim/AP Photo/ilustrasi)

(MDN) – Sistem pertahanan Amerika Serikat (AS) pada Minggu (31/12) berhasil menembak jatuh sebuah pesawat tak berawak bersenjata di atas Bandara Irbil di bagian utara Irak, di mana pasukan AS dan pasukan internasional lainnya ditempatkan.

Hal itu disampaikan dinas kontraterorisme Kurdistan Irak dalam sebuah pernyataan.

Sebuah kelompok yang disebut “Perlawanan Islam di Irak” atau “Islamic Resistance in Iraq” mengatakan telah meluncurkan pesawat tak berawak untuk menyerang apa yang mereka sebut sebagai “pangkalan pendudukan”.

Sumber-sumber keamanan mengatakan tidak ada korban jiwa atau kerusakan pada infrastruktur.

Pasukan AS dan internasional yang berbasis di Irak dan di seberang perbatasan di Suriah, telah dalam keadaan siaga tinggi di tengah puluhan serangan terhadap pangkalan mereka sejak berkecamuknya perang Israel-Hamas pada 7 Oktober lalu.

Pemerintah lokal Kurdi mengatakan serangan pada Minggu itu terjadi kurang dari 24 jam setelah ditembak jatuhnya dua pesawat tak berawak pada Sabtu (30/12) malam di dekat pangkalan militer di bagian utara Irak, yang digunakan oleh pasukan Peshmerga Kurdi Irak, dan juga di pangkalan udara Al Harir yang menjadi tempat bagi pasukan AS.

Juru bicara Perdana Menteri Irak Mohammed Al Sudani, Minggu (31/12), mengatakan Al Sudani telah memerintahkan penyelidikan terkoordinir dengan pasukan keamanan regional Kurdi, dan berjanji untuk mengejar mereka yang bertanggung jawab atas serangan hari Sabtu itu. [Red]#VOA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *