Daerah  

Partisipasi Pemilih di Tuban Dipredeksi Capai Lebih Dari 80 Persen

admin
Kpu Tuban Prediksi Partisipasi Pemilih Di Tuban Capai Lebih Dari 80 Persen

TUBAN (MDN) – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU)Tuban, Fatkul Iksan memprediksi tingkat partisipasi pemilih pada Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 di wilayah Kabupaten Tuban diprediksi lebih dari 80 persen dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Hal tersebut disampaikan Fatkul saat dikonfirmasi via pesan singkat pada Selasa (20/02).

Fatkul Iksan mengaku belum tahu secara pasti berapa jumlah masyarakat yang datang ke TPS menggunakan hak pilihnya di hari pemungutan suara pada 14 Februari lalu. Sebab, sampai saat ini proses rekapitulasi belum selesai. Sehingga pihaknya belum bisa memastikan jumlah tepatnya.

“Namun demikian, jika melihat proses rekapitulasi yang sudah berjalan, diperkirakan mencapai 80 persen lebih,” tuturnya.

Sesuai Peraturan KPU (PKPU), proses rekapitulasi surat suara di tingkat kecamatan dilaksanakan mulai 15 Februari 2024 sampai dengan 2 Maret 2024 mendatang.

Komisioner KPU 2 periode itu berharap, ujar Fatkul, angka partisipasi masyarakat di gelaran pemilu kali ini meningkat dibandingkan dengan Pemilu 2019 silam yang tingkat partisipasi Pemilu 2019 mencapai 81,19 persen.

Sebagaimana diketahui, total DPT di Kabupaten Tuban di Pemilu 2024 ini sebesar 945.539 pemilih. Dari jumlah tersebut, pemilih yang berusia di rentang 17-26 tahun mencapai 193.513 orang. [R.Wij/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *