Daerah  

Pemkab Sidoarjo Menggelar Sosialisasi Lomba R.T di Kecamatan Tulangan

admin
Pemkab Sidoarjo Menggelar Sosialisasi Lomba R.t Di Kecamatan Tulangan 1
Sosialisasi Lomba RT di pendopo Kecamatan Tulangan [Foto ; SKR]

SIDOARJO (MDN) – Pemerintah Kabupaten Sidoarjo disejumlah wilayah Kecamatan se Kabupaten Sidoarjo. sudah beberapakali mensosialisasikan adanya Lomba RT (Rukun Tetangga). Untuk kali inipun sudah bukan untuk yang pertama kali seperti halnya sosialisasi di wilayah Kecamatan Tulangan. Untuk saat ini saosialisasi digelar di pendopo Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo Minggu 3 Maret 2024.

Dalam kesempatan saat ini, menghadirkan 2 orang nara sumber yang sangat kompeten yakni dari Pemerintah Kabupaten Sidoarjo adalah Probo Agus Sunaryo Sekretaris Dinas PMD (Pemberdayaan Masyarakat Desa) Kabupaten Sidoarjo dan Muhamad Ainur Rahman, Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah di Kabupaten Sidoarjo.

Pemkab Sidoarjo Menggelar Sosialisasi Lomba R.t Di Kecamatan Tulangan 2
Probo Agus Sunaryo dari Dinas PMD sebagai pemateri saat memberikan sambutan [Foto : SKR]
Lomba RT ini merupakan program dari Bupati Sidoarjo Gus Mudhlor Ali, untuk tahun 2024. Probo Agus Sunaryo dalam sosialisasinya menjelaskan jika program Gus Mudhlor Ali untuk lomba RT telah launching pertama pada Desember 2023 dengan kategori RT Jimpitan , RT Sehat dan RT Asri. Selanjutnya di bulan Januari 2024 lalu, launching lagi kategori RT Berbudaya dan RT Mandiri Sejahtera, jadi lomba RT ini ada 5 Kategori penilaian dan berhadiah sangat fantastis sebesar Rp 300 juta, demikian penjelasannya.

Lebih lanjut Probo menerangkan jika lomba RT ini bertujuan untuk mendorong partisipasi swadaya dan gotong royong masyarakat dalam rangka turut mempercepat tercapainya tujuan pembangunan di Kabupaten Sidoarjo. Selain itu untuk mendorong masyarakat memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan masyarakat yang berdasarkan kegotong royongan dan kekeluargaan.” Demikian pemaparan Probo.

Pada saat pembukaan acara Camat Tulangan Suparyitno mengawali sambutanya, bahwa di Kabupaten Sidoarjo terdapat 8.860 Rukun Tetangga (RK). Untuk sosialisasi kali ini yang diundang sebanyak 213 tokoh pemuda dan tokoh wanita, serta 213 dari panitia lomba RT dari seluruh Desa se Kecamatan Tulangan.

Sedang untuk nara sumber kedua, Ainur Rahman dalam pidatonya mengatakan, “Sebetulnya lomba RT dibuat untuk menumbuhkan kembali semangat gotong royong. Budaya gotong royong sudah ada sejak jaman nenek moyang kita. Namun sekarang semangat itu hampir pupus tergerus oleh jaman. Padahal budaya gotong royong akan mempercepat tujuan pembangunan di kabupaten Sidoarjo.” Demikian penjelasan Ainur Rahman saat melakukan sosialisasi di Pendopo Kecamatan Tulangan. [SKR].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *