Daerah  

Kementerian Pertanian Lakukan Sosialisasi Sistem Pompanisasi Penanaman Padi di Lamongan

admin
Kementerian Pertanian Lakukan Sosialisasi Sistem Pompanisasi Penanaman Padi Di Lamongan

LAMONGAN (MDN) – Kunjungan Dirjen Sarpras Pertanian Kementerian Pertanian dalam mensosialisasikan sistem percepatan tanam padi melalui pompanisasi untuk mendukung peningkatan hasil produksi padi nasional di wilayah Kabupaten Lamongan. Lokasi di Desa Pringgoboyo dan Desa Turi keduanya di Kecamatan Maduran.

Bupati Lamongan Dr.Yuhrohnur Effendi. MBA dalam sambutannya mengatakan, “kesempatan kali ini kita semua bersilaturahmi dalam rangka peningkatan penanaman padi, melalui pompanisasi guna mendukung peningkatan produksi padi nasional. Alhamdulillah Kabupaten Lamongan ini tetap konsisten untuk mendukung para petani disektor pertanian dan juga ketahanan pangan nasional.

Kementerian Pertanian Lakukan Sosialisasi Sistem Pompanisasi Penanaman Padi Di Lamongan 2Para petani di Kabupaten Lamongan terus optimis dalam menatap masa depan sektor pertanian, dan sebagian besar masyarakat Lamongan memang berprofesi sebagai Petani.

Lebih lanjut, sistem pompanisasi yang mana memanfaatkan lahan-lahan bero ini diharapkan bisa menambah hasil panen dan komoditi pertanian di wilayah Kabupaten Lamongan.

Area luas panen di Kabupaten Lamongan ini merupakan yang terluas di Provinsi Jatim dan tertinggi nomor lima di Indonesia.

Kami di pemerintahan Kabupaten Lamongan akan terus mendukung para petani dan terus berupaya untuk memberikan bantuan bagi sektor pertanian yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional.

Terima kasih juga kami ucapkan kepada Kementerian Pertanian yang telah memberikan bantuan bagi masyarakat dan para petani di Kabupaten Lamongan.

Sekaligus memberikan bantuan secara simbolis oleh Bupati Lamongan ke petani yang meliputi bantuan pompa air, bantuan benih dan AUTP.

Kementerian Pertanian Lakukan Sosialisasi Sistem Pompanisasi Penanaman Padi Di Lamongan 3Setelah sambutan yang disampaikan oleh Bupati Lamongan lalu dilanjutkan arahan Ir. Ali Jamil, S.Pd., P. Hd. Dirtjen Sarpras Kementan RI mewakili Menteri Pertanian RI, yang menyampaikan permohonan maaf karena Bapak Menteri tidak bisa hadir langsung untuk mengunjungi masyarakat Lamongan dan para Petani di Lamongan, kegiatannya pada hari ini merupakan sebuah persiapan dalam menghadapi musim tanam ke-ll (April-September).

“Sebagai langkah dan upaya kita dalam mempertahankan ketahanan pangan nasional kita, yang seharusnya biasanya di periode Maret ini kita mendapatkan hasil panen yang melimpah akan tetapi karena adanya perubahan iklim maka ada penurunan..

Oleh sebab itu hari ini kita lakukan berbagai upaya untuk meningkatkan hasil panen, salah satunya adalah dengan percepatan hasil panen dengan sistem Pompanisasi dan memanfaatkan lahan-lahan yang kurang produktif agar bisa menghasilkan serta untuk mendukung ketahanan pangan nasional kita. Mari kita semua memanfaatkan lahan-lahan bero yang selama ini kurang dioptimalkan, sistem Pompanisasi ini menjadi salah satu solusi dalam memanfaatkan tadah hujan untuk mengaliri lahan-lahan yang jauh dari aliran air.” Pungkasnya

Pada kegiatan ini turut hadir Dandim Lamongan, Kapolres Lamongan, Kajari Lamongan dan beberapa kepala OPD Kabupaten Lamongan. [SGA]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *