Jokowi Tunjuk Menkominfo Budi Arie Sebagai Menlu Ad Interim, Paska Menlu Retno Marsudi Dinas ke AS

admin
Jokowi Tunjuk Menkominfo Budi Arie Sebagai Menlu Ad Interim, Paska Menlu Retno Marsudi Dinas Ke As

(MDN) – Presiden Jokowi menunjuk Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Budi Arie Setiadi sebagai Menteri Luar Negeri (Menlu) Ad Interim.

Menlu Retno Marsudi diketahui sedang melakukan perjalanan dinas sehingga digantikan sementara oleh Budi Arie.

“Dengan hormat, kami beritahukan bahwa Bapak Presiden berkenan menunjuk Menteri Komunikasi dan Informatika sebagai Menteri Luar Negeri Ad Interim selama Menteri Luar Negeri melakukan perjalanan dinas ke luar negeri pada tanggal 21 s.d. 22 Januari 2024,” demikian keterangan dalam surat yang diterima awak media, Sabtu, 20 Januari 2024.

Budi Arie akan menggantikan Retno yang dijadwalkan mengunjungi New York, Amerika Serikat tanggal 21-22 Januari 2024.

“Berkenaan dengan surat Menteri Luar Negeri nomor 017/BK/01/2024/01 tanggal 17 Januari 2024, yang ditujukan kepada Presiden, hal Permohonan Izin Perjalanan Dinas ke New York, Amerika Serikat,” tulis surat tersebut.

Seperti diketahui Menlu Retno Marsudi mengumpulkan sekitar 50 pakar hukum dan hukum internasional di kantornya, Jakarta, pada hari Selasa, 16 Januari 2024.

Indonesia lewat Menlu Retno akan menyeret Israel ke Mahkamah Internasional untuk membela Palestina.

Dalam pertemuan di kantornya Retno mengumpulkan pandangan dan masukan para ahli untuk membangun legal opinion yang komprehensif.

Baca Juga: Terlengkap! Ini 30 Link Twibbon Harlah NU 2024 ke-101, Meriahkan di Medsos pada 31 Januari

Indonesia ingin menunjukkan kepada dunia pelanggaran hukum internasional yang dilakukan Israel terhadap bangsa Palestina.

Setelah itu Indonesia akan menyampaikan pendapat untuk mendukung advisory opinion (AO) Mahkamah Internasional terkait pendudukan Israel atas Palestina pada 19 Februari 2024. [CAS/Red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *