Daerah  

Kegiatan Pertemuan KPM dan PKH Desa Kebaron Tahun 2024

admin
Kegiatan Pertemuan Keluarga Penerima Manfaat

SIDOARJO | MDN – Pertemuan kelompok merupakan kegiatan rutin yang difasilitasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Kebaron dan pendamping PKH untuk memberikan informasi terkait tata tertib dan aturan PKH, serta akses terhadap layanan kesehatan, pendidikan serta kesejahteraan sosial sesuai dengan kebutuhan KPM, PKH. Kegatan pertemuan tersebut diadakan dipendopo kantor Desa Kebaron, Minggu (19/05/2024).

Suwito selaku Kepala Desa (Kades) Kebaron, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo dalam sambutannya, sangat mengapresiasi pertemuan tersebut dan memberikan motivasi kepada 129 orang Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dan Keluarga penerima manfaat (PKH) mengemukakan bahwa sesuatu yang terlihat sulit akan terasa mudah dan ringan apabila dilakukan dengan rasa cinta dan senang hati.

Kegiatan Pertemuan Keluarga Penerima Manfaat 2PKH merupakan program bantuan sosial bersyarat sebagai program perlindungan sosial bagi masyarakat tidak mampu. KPM bisa memanfaatkan layanan sosial dasar seperti kesehatan, pendidikan, pangan dan gizi, perawatan serta pendampingan.

Untuk mendapatkan bantuan social (Bansos) PKH peserta harus masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) serta memilik komponen PKH yang terdiri dari:

– komponenen kesejahteraan sosial meliputi pentandang disabilitas dan lanjut usia
– Komponen kesehatan meliputi anak usia dini dan ibu hamil.
– Komponen Pendidikan meliputi SD,SMP dan SMA

Pertemuan kelompok berfungsi sebagai media informasi kepada peserta PKH yang berasal dari kementrian sosial terkait dalam hubungannya penyampaian kebijakan kebijakan pemerintah yang terbaru, sarana silaturrohiim dan saling mengisi serta mengingatkan akan makna dan tujuan program, sarana untuk menerima keluhan, pengaduan serta kesulitan yang dihadapi peserta dalam kaitannya terhadap program, memberikan jalan keluar terhadap permasalahan – permasalahan yang dihadapi peserta, ujar Agus Safi selaku pendamping PKH desa Kebaron. [SWD].

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *