Daerah  

92 Peserta Ikuti Tes CAT Calon Panwascam Pilkada Ngawi

admin
92 Peserta Ikuti Tes Cat Calon Panwascam Pilkada Ngawi

NGAWI | MDN – Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ngawi tahun 2024, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ngawi mulai melaksanakan seleksi Panitia Pengawas Pemilu tingkat Kecamatan (Panwascam).

Setidaknya 92 calon Panwascam mengikuti tahapan tes tulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) di SMK Negeri 1 Ngawi. Peserta akan memperebutkan kekosongan 24 sumber daya pengawas pemilu di 17 Kecamatan.

Ketua Bawaslu Kabupaten Ngawi, Yohanes Pradana Vidya Kusdanarko mengatakan, para peserta yang ikut ujian tersebut sebelumnya telah dinyatakan lulus administrasi.

Menurutnya, tes ini dilakukan guna memastikan bahwa setiap calon Panwascam memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk menjalankan tugas mereka nantinya.

“Kebutuhan pengisian tenaga Panwascam di setiap kecamatan bervariatif, ada yang satu hingga dua tenaga Panwascam untuk mengisi kekosongan,” kata Yohanes Pradana kepada awak media ini.

92 Peserta Ikuti Tes Cat Calon Panwascam Pilkada Ngawi 2Lebih lanjut Yohanes menambahkan, melalui seleksi yang dilaksanakan, Bawaslu Kabupaten Ngawi berharap bisa mendapatkan tenaga Panwascam baru yang siap sesuai kualifikasi dan mampu bekerja menyambut pelaksanaan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ngawi tahun 2024.

“Seleksi bertujuan untuk memastikan bahwa calon-calon ini memiliki pemahaman yang baik tentang peraturan dan prosedur dalam pemilihan kepala daerah,” lanjutnya.

Sementara itu, Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia Bawaslu Kabupaten Ngawi, Sa’roni, S.Pd.I menyebutkan materi soal untuk tes tulis berbasis CAT berasal dari Bawaslu RI secara online.

Materi tes berisi berbagai pertanyaan yang berkaitan dengan hukum pemilihan, wawasan kebangsaan, dan prinsip-prinsip kerja pengawasan pemilu.

“Kami berharap melalui tes ini, kami dapat menyeleksi personal yang berdedikasi dan memiliki pengetahuan yang mendalam tentang sistem pemilihan di Indonesia,” harap Sa’roni.

Bawaslu Kabupaten Ngawi berharap besar Panwascam terpilih akan berperan penting untuk memastikan bahwa Pilkada Kabupaten Ngawi tahun 2024 berjalan dengan lancar, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. [Don]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *